Nyaris Roboh, Gerbang Benteng Keraton Buton Memprihatinkan

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Rabu, 23 Desember 2020
0 dilihat
Nyaris Roboh, Gerbang Benteng Keraton Buton Memprihatinkan
Kondisi lawa (gerbang) Burukene Benteng Keraton Buton sebelum diperbaiki. Foto: Ist.

" Rawan Juga kita lewat eee, apa lagi ini jalan poros ke Batauga. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Keunikan Benteng yang ada di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara tidak hanya pada luasnya saja. Benteng Keraton juga memiliki 12 Lawa (Gerbang) yang menjadikannya unik.

Namun, akhir-akhir ini masyarakat yang melintas di Gerbang Burukene khawatir dengan kondisi gerbangnya yang nyaris runtuh.

Salah satu warga meluapkan kekesalannya di Media Sosial (medsos) Facebook (FB). Adalah akun milik Wawan Erwiyansyah yang memposting kondisi lawa tersebut.

"Selasa 22 desember 2020, pukul 09.00 Wita, kondisi terkini Lawana Burukene Benteng Keraton Buton (lingkaran merah). Bagi yg melewati jalan ini mohon agar lebih waspada mengingat jalur ini sangat ramai dilalu kendaraan. Moga secepatnya bisa diperbaiki Utk menghindari Hal2 diluar yang diinginkan," demikian bunyi status Wawan Erwiyansyah di akun Facebooknya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan tim Telisik.id, tiang penyangga lantai lawa tersebut memang patah dan rawan runtuh. Pengendara yang lewat harus berhati-hati ketika melewati gerbang tersebut.

"Rawan Juga kita lewat eee, apa lagi ini jalan poros ke Batauga," ucap Rio (28) kepada Telisik.id, salah satu pengendara yang melintas di Gerbang Burukene.

Baca juga: Masih Ingat Bocah Asal Buteng yang Terlahir Cacat? Begini Kondisinya Sekarang

Mendapati info tersebut, Kapolres Baubau memerintahkan anggotanya untuk melihat langsung dan merehab gerbang tersebut untuk sementara.

"Saya di WA langsung oleh Kapolres, melihat ini Lawana Burukene di Medsos, Kapolres langsung memerintahkan saya untuk mengecek langsung. Olehnya itu saya langsung ke sini koordinasi dengan lurah, dan Alhamdulillah dari lurah dan cagar budaya merespon, dan saling membahu untuk melakukan perbaikan sementara. Kerena menurut perwakilan BPCB Kota Baubau, awal tahun depan sudah ada perencanaan pembangunan rehab total," ujar Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Murhum, Ipda Muslimin.

Hal tersebut dilakukan, lanjut dia, untuk mengurangi kecemasan pengendara ketika melewatinya.

"Ini untuk mengantisipasi, dan pengguna jalan aman, makanya kita lakukan perbaikan sementara," lanjutnya.

Saat perbaikan, pihak kepolisian mengalihkan arus lalu lintas. Dari Buton Selatan agar melawati jalur STM dan dari Kota Baubau melewati gerbang lain. (B)

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga