DPRD Kolaka Utara Apresiasi Program P2L Dinas Ketahanan Pangan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 29 Agustus 2020
0 dilihat
DPRD Kolaka Utara Apresiasi Program P2L Dinas Ketahanan Pangan
Ketua Komisi II DPRD Kolaka Utara, Mustamrin Saleh, SP saat melakukan panen perdana tanaman sayur di Desa Ulu Wawo. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Dan program ini seiring dengan program Pemerintah Kolaka Utara, yang berhubungan dengan konsep pemanfaatan lahan pekarangan. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Mustamrin Saleh, SP, mengapresiasi program Pemanfaatan Pekarangan secara Lestari (P2L) yang saat ini dicanangkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kolut.

Menurutnya, kegiatan pemanfaatan pekarangan dengan menanam aneka jenis tanaman sayur secara organik, secara berkelompok dan individu, selain dapat meningkatkan kesehatan, juga dapat menambah nilai ekonomi masyarakat.

"Kenapa  saya katakan dapat menambah nilai ekonomi? Karena dengan menanam aneka jenis sayur di pekarangan, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli sayur di pasar. Dengan begitu, pengeluaran akan berkurang," kata Mustamrin Saleh saat menghadiri panen perdana tanaman sayur progam P2L di Desa Ulu Wawo, Jumat (28/8/2020).

Baca juga: Mendekatkan Pasar dengan Rumah Melalui Program P2L

Tidak hanya itu lanjut Mustamrin, program P2L ini juga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat karena 100 persen sayur yang mereka tanam menggunakan pupuk, pestisida dan insektisida organik (nabati).

"Dan program ini seiring dengan program Pemerintah Kolaka Utara, yang berhubungan dengan konsep pemanfaatan lahan pekarangan," terangnya.

Ketua Fraksi PPP ini berharap, program ini terus dilakukan secara berkelanjutan dan pihak DPRD khususnya Komisi II juga akan selalu mensupport kegiatan pemberdayaan yang bernilai positif bagi masyarakat.

"Selama kegiatan tersebut bernilai positif dan bermanfaat bagi masyarakat dan daerah, maka kami akan selalu mendukung," pungkasnya.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga