ODP COVID-19 di Konsel Berkurang Delapan Orang

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Minggu, 19 April 2020
0 dilihat
ODP COVID-19 di Konsel Berkurang Delapan Orang
Data Update ODP/PDP/SUSCPECT COVID-19 per Minggu, (19/4/2020) di Konsel (Foto: Ist)

" Untuk ODP Konsel berkurang dari 47 kasus menjadi 39 kasus. "

KONSEL, TELISIK.ID - Tim Gugus Tugas COVID-19 Konawe Selatan (Konsel) merilis jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Minggu (19/4/2020) berkurang sebanyak delapan orang sehingga ODP tersisa 39 kasus.

"Untuk ODP Konsel berkurang dari 47 kasus menjadi 39 kasus," tulis satgas COVID-19 Konsel.

Adapun rincian kasus ODP COVID-19 adalah, Kecamatan Andoolo satu kasus, Andoolo Barat dua kasus, Angata empat kasus, Baito tiga kasus, Basala satu kasus, Konda satu kasus, Kolono dua kasus, Kolono Timur dua kasus, Lalembu satu kasus, Lainea satu kasus, Laeya satu kasus,  Mowila 13 kasus, Palangga satu kasus, Ranomeeto satu kasus, Ranomeeto Barat empat kasus, dan Tinanggea satu kasus.

Sementara yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak dua kasus. Satu PDP ringan isolasi mandiri dan satu PDP berat yang sebelumnya berdasarkan hasil rapid test dinyatakan positif, kini tengah menunggu hasil pemeriksaan sampel swab Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSU Bahteramas untuk membuktikan apakah terpapar COVID-19 atau tidak.

Baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Kota Kendari Bertambah Jadi 23 Kasus

"Hari ini telah dilakukan pengambilan sampel swab pasien PDP berat yang berdasarkan pemeriksaan rapid test hasilnya positif, selanjutnya sampel dikirimkan ke Makassar Insya Allah 4 hari ke depan sudah ada hasilnya," ujar Jubir COVID-19 Konsel, Drs. Annas Mas'ud, M.Si, Minggu (19/4/2020).

Untuk diketahui, rapid test COVID-19 digunakan hanya sebagai screening atau penyaringan awal. Sementara itu untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi positif COVID-19 hasil pemeriksaan swab lah yang menentukan.

Annas Mas'ud terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap di rumah saja, apabila ada gejala klinis demam, batuk, sesak nafas agar segera ke Faskes terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan. Dan setiap saat diharapkan untuk selalu menggunakan masker, jaga jarak (social distancing) dan selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terjauh dari COVID-19.

 

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga