OJK Diminta Tolak Sosok Julian Helmi Lubis Jadi Direktur Bisnis dan Syariah di Bank Sumut

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 21 Maret 2023
0 dilihat
OJK Diminta Tolak Sosok Julian Helmi Lubis Jadi Direktur Bisnis dan Syariah di Bank Sumut
Massa ketika berdemonstrasi di kantor OJK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Jalan Gatot Subroto Medan. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Pergerakan mahasiswa anti korupsi (permak) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menolak Julian Helmi Lubis menjadi calon Direktur Bisnis dan Syariah PT Bank Sumut, yang diusulkan Pemegang Sahan Pengendali (PSP) Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi "

MEDAN, TELISIK.ID - Pergerakan mahasiswa anti korupsi (permak) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menolak Julian Helmi Lubis menjadi calon Direktur Bisnis dan Syariah PT Bank Sumut, yang diusulkan Pemegang Sahan Pengendali (PSP) Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Massa menegaskan permintaan itu ketika berdemonstrasi di kantor OJK Perwakilan Sumatera Utara, Jalan Gatot Subroto, Medan, Selasa (21/3/2023) siang.

"Hasil investigasi kami, calon Direktur Bisnis dan Syariah PT Bank Sumut Julian Helmi Lubis ini terlalu banyak masalahnya. Dia juga bukan asli pejabat karir Bank Sumut, melainkan dari Bank Mandiri," ucap Ketua Umum Permak, Asril Hasibuan dalam orasinya.

Baca Juga: Mahasiswa Minta Wali Kota Medan Tuntaskan Masalah Kemiskinan

Asril menambahkan, Julian Helmi Lubis masuk ke Bank Sumut saat PSP yaitu Gubernur Sumatera Utara adalah Gatot Pujonugroho. Julian Helmi Lubis masuk ke Bank Sumut langsung menjabat Kepala Divisi Bisnis dan Syariah dengan janji target. Namun targetnya diduga tidak tercapai.

Proses pengusulan Julian Helmi Lubis menjadi Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut ke OJK diduga tidak sesuai SOP atau mekanisme.

"Julian Helmi Lubis diketahui ikut seleksi calon Dirut Bank Sumut, bukan seleksi calon Direktur Bisnis dan Syariah. Apa dasar penunjukan Julian Helmi Lubis untuk diusulkan calon Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut. OJK harus lawan KKN dalam proses penunjukan Julian Helmi Lubis, karena Bank Sumut adalah BUMD bukan milik pribadi atau keluarga," tegasnya.

Selain itu, pengusulan dan penunjukan nama Julian Helmi Lubis menggantikan Iwan sebagai Direktur Bisnis dan Syariah PT Bank Sumut tidak melibatkan komite remunerasi dan nominasi (KRN) yang anggotanya terdiri Divisi SDM, Komisaris Independen, dan Komisaris Utama (Komut) Bank Sumut.

Baca Juga: RS Bina Kasih Medan Diduga Lawan Keputusan Wali Kota Soal Upah Nakes

"Julian Helmi Lubis sudah berulang kali ikut tes calon direksi tetapi selalu kalah, karena nilai asesmennya tidak mencukupi untuk menjadi direktur di Bank Sumut. Namun mengapa namanya muncul sebagai calon Direktur Bisnis dan Syariah PT Bank Sumut," herannya.

Tidak lama melakukan aksi, massa diterima Perwakilan dari OJK, Ferdinan yang berjanji akan menindaklanjuti aspirasi dukungan proses penunjukan Julian Helmi Lubis sebagai calon Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut.

"Informasi ini akan menjadi bahan bagi kami untuk meneliti proses yang sedang berjalan. Terima kasih dengan informasi yang disampaikan ini. Kami akan menindaklanjutinya," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga