Mahasiswa KKN UHO Kendari Siapkan Program Kerja Unggulan

Mirdan, telisik indonesia
Selasa, 13 Agustus 2024
0 dilihat
Mahasiswa KKN UHO Kendari Siapkan Program Kerja Unggulan
14 mahasiswa KKN UHO Kendari siapkan program kerja unggulan di Desa Benua. Foto: Mirdan/Telisik

" Program mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari sangat bervariasi, tergantung pada jurusan masing-masing "

KENDARI TELISIK.ID - Program mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari sangat bervariasi, tergantung pada jurusan masing-masing. Setiap jurusan dituntut untuk menerapkan ilmu pengetahuannya di masyarakat.

Saat ditemui Telisik.id, Koordinator KKN UHO di Desa Benua, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Amin Lamilada menjelaskan, program yang akan dilaksanakan harus menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat setempat.

“Untuk program kerja dikembalikan ke program individu, sesuai jurusan masing-masing. Salah satu contohnya, Jurusan Matematika mengadakan bimbingan belajar kepada siswa SD, SMP dan SMA. Mahasiswa Statistik membuat demografis atau melengkapi data di desa, mahasiswa Kehutanan membuat denah atau tata ruang di desa,” jelasnya.

Sekretaris posko KKN Desa Benua, La Ode Asat menambahkan bahwa selain program yang telah disebutkan, ada beberapa program rutin yang akan dilaksanakan.

Baca Juga: Pertama Kali, Buton Selatan jadi Lokasi KKN Mahasiswa UGM

“Program gotong royong, sosialisasi imun gizi, mengajar di sekolah, di desa akan kami buat peta profil desa, akan dipajang di lingkungan masyarakat,” tambahnya.

Amin Lamilada membeberkan sebelum ke lokasi kuliah kerja nyata, persiapan lumayan banyak dari perencanaan ke lokasi, transportasi dan sampai dengan penyusunan program kerja harian, program kerja individu dan program kerja kelompok.

Baca Juga: Merasa Terkucilkan, Mahasiswa KKN IAIN Kendari Bantu Desa di Konawe Selatan Adakan Listrik

Lanjut La Ode Asat, persiapan KKN sebenarnya lumayan rumit, mulai penentuan lokasi kuliah kerja nyata sudah mendapatkan kendala teknis, desa yang dituju sebelumnya sudah ada yang ditempati oleh mahasiswa KKN IAIN Kendari.

Mahasiswa kuliah kerja nyata akan menuju lokasi masing-masing yang akan diterima langsung oleh kepala desa, serta mahasiswa akan mensurvei ulang untuk kesesuaian rencana program kerja yang telah disusun. (B)

Penulis: Mirdan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga