Pakaian Adat Warnai Pawai HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Buton Utara

Rina Gayatri, telisik indonesia
Kamis, 03 Agustus 2023
0 dilihat
Pakaian Adat Warnai Pawai HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Buton Utara
Pakaian adat Buton Utara yang dikenakan peserta saat pawai HUT ke-78 RI. Foto: Rina Gayatri/Telisik

" Hari kemerdekaan RI merupakan momen yang dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Beragam cara dilakukan untuk memeriahkannya, termasuk menggelar pawai yang juga dilakukan Pemda Buton Utara untuk menyambut HUT Ke-78 RI bertempat di lapangan Raja Jin, Kamis (3/8/2023) siang "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Hari kemerdekaan RI merupakan momen yang dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Beragam cara dilakukan untuk memeriahkannya, termasuk menggelar pawai yang juga dilakukan Pemda Buton Utara untuk menyambut HUT Ke-78 RI bertempat di lapangan Raja Jin, Kamis (3/8/2023) siang.

Antusias para peserta juga sangat tinggi, dilihat dari tingkat partisipasi dari seluruh perwakilan unsur masyarakat dalam mengikuti pawai.

Beragam tema kostum menjadi ajang adu kreativitas para peserta, mulai dari tema seragam sekolah dan profesi, tema pejuang kemerdekaan hingga pakaian adat yang menjadi favorit para peserta.

Pawai kemerdekaan itu diikuti ribuan peserta, terdiri dari para pelajar tingkat SD hingga SMA, paguyuban, komunitas serta masyarakat umum perwakilan desa dan kelurahan se-Kabupaten Buton Utara.

Baca Juga: Pilu, Kisah Kakek Tua di Buton Utara Ditinggalkan Anak Semata Wayang, Kini Hidup Sebatang Kara

Rute pawai kali ini diawali dari lapangan Raja Jin, melewati SMPN 1 Kulisusu, kemudian menuju Jalan Gaumalanga, melewati Puskesmas Kulisusu, dan berakhir di lapangan Raja Jin kembali.

Salah seorang peserta pawai, Arin merasa bangga, karena kontingen mereka yang paling ramai pesertanya.

"Meskipun menempuh rute perjalanan yang cukup jauh, tapi tidak begitu capek karena kontingen kami paling ramai dan seru," ucap Arin.

Baca Juga: Nelayan Lasalimu Selatan Buton Hilang, Perahu Ditemukan Mengapung di Perairan Buton Utara

Kegiatan sendiri dimulai pukul 14.00 Wita. Meski panas terik, tak menyurutkan semangat para peserta dengan antusias yang tinggi.

"Sejak pukul 12.30 Wita, jami sudah standby di lapangan, saking semangatnya dan tidak mau ketinggalan," tutur peserta lainnya, Afan penuh semangat.

Adapun tujuan dari kegiatan itu, untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air, serta menumbuhkan kebanggaan terhadap budaya bangsa Indonesia. (B)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga