Nelayan Lasalimu Selatan Buton Hilang, Perahu Ditemukan Mengapung di Perairan Buton Utara

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 02 Agustus 2023
0 dilihat
Nelayan Lasalimu Selatan Buton Hilang, Perahu Ditemukan Mengapung di Perairan Buton Utara
Tim Basarnas yang terus melakukan pencarian, hingga kini korban belum ditemukan. Foto: Ist.

" Seorang nelayan di Desa Lasalimu, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton belum ditemukan setelah dinyatakan hilang, perahunya ditemukan berlayar di perairan Buton Utara tanpa awak "

BUTON, TELISIK.ID - Seorang nelayan di Desa Lasalimu, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton belum ditemukan setelah dinyatakan hilang, perahunya ditemukan berlayar di perairan Buton Utara tanpa awak.

La Epo (43) dinyatakan hilang setelah melaut pada Selasa (1/8/2023), sekitar pukul 04.00 Wita, bersama rombongan nelayan yang lain. Hingga kini belum ditemukan, Rabu (2/8/2023).

Kronologi peristiwa itu bermula, pada pukul 04.00 Wita, korban bersama 5 orang rekannya dengan menggunakan masing-masing longboat pergi melaut mencari ikan di perairan Lasalimu dengan jarak sekitar 8 NM arah timur Lasalimu.

Baca Juga: Institut Teknologi Kelautan Buton Terima Mahasiswa Baru, Ini Persyatan dan Jurusanya

Kepala Desa Lasalimu, Hanuddin menjelaskan, rekan sesama nelayan yang lain sudah pulang dari melaut, namun La Epo ini tidak pulang. Hal itu membuat anggota keluarganya cemas.

Saat menjelang sore, salah satu keluarga keluarga korban yang berusaha menghubungi korban melalui telepon genggam berhasil diangkat, namun yang mengangkat adalah warga Desa Kioko, Buton Utara yang menginformasikan menemukan longboat korban di sekitar perairan Desa Kioko dalam keadaan kosong, hanya ditemukan telepon genggam dan pancing milik korban.

"Setelah mendapat informasi itu, kami langsung mengubungi Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari untuk meminta bantuan. Hingga hari ini kami masih melakukan pencarian bersama tim Basarnas dan dibantu dengan warga setempat," jelasnya.

Baca Juga: Cegah Konflik Antar Warga Polres Buton akan Gelar Operasi Miras

Kepala KPP Kendari, Muhamad Arafah menjelaskan, pihaknya mengetahui peristiwa itu, di mana pada pukul 21.56 Wita Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari Kades Lasalimu Pantai, Hanudin yang melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal yakni 1 orang terjatuh dari longboat dan hilang disekitar perairan Lasalimu.

"Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 22.16 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak tempuh LKP dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 19 NM," jelasnya.

Hingga saat ini korban belum ditemukan, pencarian masih terus dilakukan bersama Rescue Pos SAR Wakatobi dibantu dengan nelayan setempat. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga