Dispar Target PAD Dua Objek Wisata di Kolaka Utara Rp 250 Juta Tahun Ini

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 09 Februari 2023
0 dilihat
Dispar Target PAD Dua Objek Wisata di Kolaka Utara Rp 250 Juta Tahun Ini
Dermaga cinta salah satu ikon objek wisata di Pasir Putih Pantai Berova, Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua. Foto: Ist.

" Sejak kembali di kelola oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kolaka Utara tahun 2020 lalu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk objek wisata Pasir Putih Pantai Berova terus meningkat signifikan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejak kembali di kelola oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kolaka Utara tahun 2020 lalu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk objek wisata Pasir Putih Pantai Berova terus meningkat signifikan.

Kepala Dispar Kolaka Utara, Sayamsu Alam mengungkapkan, sejak tahun 2020 PAD sektor pariwisata khusus objek wisata pantai Berova meningkat dari target Rp 30 juta menjadi Rp 60 juta.

"Selanjutnya tahun 2021 naik lagi Rp 90 juta, sementara tahun 2022 target Rp 150 juta berhasil kita lampaui," terangnya, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga: Sawah di Kolaka Utara Tak Lagi Produksi, Tertutup Lumpur Tambang

Tahun ini Dispar Kolaka Utara kembali memasang target PAD Rp 200 juta untuk objek wisata Pantai Berova dan Rp 50 juta di spot wisata Danau Biru.

"Jadi total Rp 250 juta untuk dua objek wisata tersebut. Semoga target tersebut bisa kami capai," harapnya.

Meski targetnya besar, Kadispar Kolaka Utara optimis pihaknya dapat melampaui target seperti tahun lalu mengingat tahun 2023 ini tidak ada lagi pembatasan atau penutupan objek wisata dampak COVID-19 seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Januari ini saja kita sudah masuk Rp 20 juta sementara ke depannya kita masih memiliki beberapa momen liburan di luar liburan akhir pekan," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Kolaka Utara, Agusdin saat menyampaikan pandangan fraksi mengapresiasi kinerja Dispar Kolaka Utara yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan PAD.

Baca Juga: Anggaran Pembangunan Kantor dan Rujab Kolaka Utara Rp 12,6 Miliar Tahun Ini

Selain Dispar Wakil Ketua II DPRD Kolaka Utara ini juga mengapresiasi kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka Utara yang telah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Kita berharap pemerintah daerah kedepannya dapat memberikan reward kepada instansi yang memiliki kinerja baik," pintanya.

Objek wisata pantai Berova dulunya dikelolah oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setiap tahunnya mereka hanya memperoleh pemasukan dari spot wisata ini Rp 20 sampai Rp 30 juta pertahun. Namun, sejak dikelolah Dispar pendapatan mulai meningkat. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga