Pasangan Pelajar SMP di Buton Selatan Daftar Perkawinan di KUA

Deni Djohan, telisik indonesia
Selasa, 02 Maret 2021
0 dilihat
Pasangan Pelajar SMP di Buton Selatan Daftar Perkawinan di KUA
Screenshot informasi pernikahan pelajar SMP. Foto: Ist.

" Kita masih tunggu persetujuan pengadilan untuk menghindari masalah baru. "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Jagat maya digegerkan dengan kabar hendak nikah, yang dilangsung anak berusia 14 dan 16 tahun di Buton Selatan (Busel).

Informasi ini diketahui melalui situs resmi Kantor Urusan Agama (KUA) Batauga melalui grub Facebook.

Informasi yang diunggah pada, Selasa (02/03/2021) itu, calon mempelai lelaki diketahui masih berusia 14 tahun atas nama, Marchel Gunawan, warga Kelurahan Masiri, Kecamatan Batauga. Marchel lahir di Kambe-kambero, Batauga pada tanggal 3 Maret 2007.

Sedangkan calon mempelai wanita bernama, Fitria Nurul Amin, warga Kelurahan Lakambau, Kecamatan Batauga. Fitria diketahui lahir di Manongkoari pada 14 Desember 2004. Saat ini, Fitri masih berusia 16 tahun.

Keduanya merupakan murid sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 Batauga yang masih duduk di bangku kelas tujuh dan sembilan.

Saat dikonfirmasi, Kepala KUA Batauga, Samsuridi S.Ag membenarkan hal itu. Saat ini, kata dia, pihaknya masih menunggu sidang Dispensasi pengadilan agama agar proses pernikahan dilakukan.

Baca juga: 40 Desa Dihujani Abu Vulkanik Akibat Dampak Erupsi Gunung Sinabung

"Kita masih tunggu persetujuan pengadilan untuk menghindari masalah baru," ungkap Samsuridi saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, pernikahan di bawah umur tak dilarang dalam agama. Hanya saja, negara tidak sepenuhnya menganut sistem hukum syariah. Sehingga ada pembatasan umur dalam status pernikahan.

"Dalam Islam, yang penting wanitanya sudah mengalami proses menstruasi satu kali, itu sudah bisa menikah. Tapi kalau hukum positif kita, itu minimal 19 tahun baru bisa menikah," tambahnya.

Ia mencontohkan pernikahan Rasulullah dengan Aisyah. Saat dipersunting Rasul, Aisyah masih berumur sembilan tahun. Hanya pada usia 12 tahun Aisyah baru hidup bersama-sama Muhammad saw.

"Jadi, orang tua calon mempelai wanita ini orang kaya. Sehingga tak jarang Fitria Nurul Amin beberapa kali diajak menunaikan umroh sama orang tuanya," pungkasnya.

Hingga berita ini dibuat, jumlah komentar yang terdapat pada status tersebut lebih dari 500 komentar. (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga