Pasar Murah Kali Kadia Tawarkan Harga Distributor

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 13 Agustus 2023
0 dilihat
Pasar Murah Kali Kadia Tawarkan Harga Distributor
Pasar murah sekitaran area Kali Kadia dipenuhi oleh pembeli karena menjual dengan harga distributor. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pasar murah yang digelar Pemkot Kendari di sekitaran area Kali Kadia, diserbu pembeli "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasar murah yang digelar Pemkot Kendari di sekitaran area Kali Kadia, diserbu pembeli. Pasar murah kali ini menyasar beberapa bahan pangan seperti beras, bawang merah dan putih, telur dan beberapa macam produk UMKM berjejer rapi.

Tak hanya gelar pasar murah, pemkot juga menggandeng Iwapi (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia). Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan, pasar murah yang berlokasi di Kali Kadia hanya akan berlangsung hari ini.

"Alhamdulillah, dalam suasana jelang hari kemerdekaan, kami selaku Dinas Ketahanan pangan Kota Kendari, melakukan gerakan pasar murah yang sebelumnya sudah berlangsung di beberapa titik baik di kelurahan dan kecamatan," tuturnya pada awak media, Minggu (13/8/2023).

Pasar murah ini ditargetkan hingga semua stok bahan pokok yang dibawa oleh distributor habis. Ia menyebut, kemungkinan besar akan ada pasar murah pada Selasa (15/8/2023) bersamaan dengan karnaval juang yang juga bakal digelar oleh Pemkot Kendari.

Baca Juga: Warga Serbu Paket Sembako Subsidi di Pasar Murah Wayong Kendari

Terdapat beberapa distributor yang berpartisipasi di antaranya Bulog, PT. PPI, Koperasi Serba Usaha (KSU), dan beberapa distributor lainnya. Harga yang dipatok adalah harga distributor seperti bawang merah Rp 25 ribu/Kg, bawang putih Rp 40 ribu/Kg.

Adapun bahan pokok lainnya, beras kualitas medium 5 Kg Rp 45 ribu hingga kualitas premium Rp 120 ribu per 10 Kg. Gula pasir Rp 29 ribu/2 Kg, minyak goreng merk Minyakita dan panah mas seharga Rp 14 ribu/liter.

Baca Juga: Pasar Murah Subsidi Pemkab Muna Dipusatkan 5 Titik

Warga Kelurahan Anduonohu, Dewi, merasa sangat terbantu dengan adanya pasar murah ini karena ikut membantu pengeluarannya dalam membeli bahan pokok seperti beras.

"Tadi cuman kebetulan lewat saja, lihat ramai-ramai kebetulan juga lihat ada stand sekalian singgah, ternyata ada pasar murah," ungkapnya.

Selain Dewi, warga lainnya yang ikut merasakan dampak dari pasar murah adalah Marwah. Ia mengaku sangat terbantu apalagi harga bawang yang dinilainya cukup murah. Ia bahkan membeli beberapa sembako sehingga tak perlu lagi membeli di pasar, sekaligus sebagai bahan persediaan di rumah. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga