Pasien ODP COVID-19 di Bombana Meningkat

Hir Abrianto, telisik indonesia
Jumat, 20 Maret 2020
0 dilihat
Pasien ODP COVID-19 di Bombana Meningkat
Pasien ODP yang sebelumnya dijemput oleh Satgas Covid-19 Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Hingga kini jumlah pasien ODP wilayah Bombana alami peningkatan mencapai 19 orang, sebelumnya hanya enam orang. "

BOMBANA, TELISIK. ID - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Bombana, dr. Sunandar, mengatakan, jumlah pasien dalam pengawasan dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) kini mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Kesehatan Bombana ini mengungkapkan bahwa, hingga saat ini terdapat 19 ODP dari 22 kecamatan yang masuk dalam pantauan. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya berjumlah 6 orang.

"Hingga kini jumlah pasien ODP wilayah Bombana alami peningkatan mencapai 19 orang, sebelumnya hanya enam orang," ucapnya saat ditemui, Jumat (20/3/2020) siang.

Baca juga: https://telisik.id/news/wakil-ketua-dprd-gubernur-sultra-bangunlah

Dijelaskannya, ke 19 orang tersebut adalah orang yang telah berpergian dan kembali dari daerah yang terinfeksi COVID-19, sehingga mereka betul-betul harus dipantau.

Namun kata Sunandar, ke 19 orang tersebut belum menunjukan gejala-gejala gangguan kesehatan. Mereka dianjurkan untuk memeriksakan diri dan dikarantina mandiri selama 14 hari serta dalam pantauan tim medis kecamatan.

Untuk saat ini, petugas kesehatan Bombana terus mantau perkembangan ke enam orang tersebut, sembari menunggu perkembangan kondisi mereka.

Sunandar mengimbau, untuk sementara waktu masyarakat tidak berpergian ke daerah yang terinfeksi. Kalaupun sempat mengunjungi daerah terinfeksi, agar segera memeriksakan diri ke petugas kesehatan setempat jika mengalami gejala-gejala seperti flu, batuk, pilek atau demam.

 

Reporter: Hir

Editor: Sumarlin

Baca Juga