Paslon Bupati - Wakil Bupati Buton Diimbau Hindari Kampanye Negatif dan Fitnah

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 24 September 2024
0 dilihat
Paslon Bupati - Wakil Bupati Buton Diimbau Hindari Kampanye Negatif dan Fitnah
KPU gelar deklarasi kampanye damai calon Bupati dan Wakil Bupati Buton tahun 2024. Foto: Febriyani/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton menggelar Deklarasi Kampanye Damai untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Buton tahun 2024 di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo "

BUTON, TELISIK.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton menggelar Deklarasi Kampanye Damai untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Buton tahun 2024 di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Selasa (24/9/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Buton yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Asnawi Jamaluddin, memberikan apresiasi kepada KPU atas inisiatif kegiatan ini. Ia menilai, penting menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara.

“Perdamaian bukan sekadar ketiadaan konflik, tetapi kemampuan untuk menangani konflik dengan cara damai. Deklarasi ini adalah komitmen kita semua untuk menjaga nilai-nilai kebersamaan dan toleransi selama proses kampanye,” jelas Asnawi.

Asnawi mengajak semua pihak untuk menghindari provokasi dan fitnah, serta lebih mengutamakan dialog konstruktif.

Baca Juga: Paslon Bupati - Wakil Bupati Bombana Konvoi Sebelum Deklarasi Pilkada Damai 2024

Asnawi juga mengingatkan para calon bupati dan wakil bupati bahwa persaingan politik harus dilakukan secara etis, dengan berlomba melalui ide, program, dan visi, bukan dengan kampanye negatif.

“Penting juga peran aparat keamanan untuk menjaga ketertiban dan bertindak netral selama pelaksanaan pilkada,” ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Buton, Rahmatia, mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung tahapan Pilkada 2024. Ia berharap pilkada berjalan dengan aman dan damai, menghasilkan pemimpin yang dapat membawa Buton ke arah yang lebih baik dalam lima tahun ke depan.

Baca Juga: Daftar Visi Misi Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Pilgub 2024

Ketua Bawaslu Buton, Maman, juga menegaskan komitmennya untuk mengawal Pilkada dengan harapan semua proses berjalan sesuai prosedur yang berlaku. Ia memastikan bahwa Bawaslu siap menjaga integritas pelaksanaan pilkada.

“Jadi kami dari Bawaslu siap mengawal pilkada ini, semua harus sesuai dengan prosedur peraturan yang berlaku,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Buton, AKBP Rudy Silean, menyatakan kesiapan pihak keamanan untuk mengawal Pilkada 2024 dengan tertib. Ia mengimbau masyarakat untuk bijak bermedia sosial dan tidak terprovokasi oleh berita yang tidak jelas kebenarannya.

Setelah Deklarasi Kampanye Damai, keenam pasangan calon diarak keliling Pasarwajo sebagai simbol komitmen untuk menjalankan kampanye yang damai dan bermartabat. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga