Membaca Kekuatan Ir Hugua dan Dr Bahtiar di Pilgub Sulawesi Tenggara 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 24 Juni 2024
0 dilihat
Membaca Kekuatan Ir Hugua dan Dr Bahtiar di Pilgub Sulawesi Tenggara 2024
Mengukur kekuatan pasangan Ir Hugua-Dr Bahtiar dalam Pilgub Sulawesi Tenggara. Foto: Kolase

" Sejumlah kandidat calon Gubernur Sulawesi Tenggara sudah bermunculan, baik dari Kepulauan maupun daratan "

KENDARI, TEKISIK.ID - Sejumlah kandidat calon Gubernur Sulawesi Tenggara sudah bermunculan, baik dari Kepulauan maupun daratan. Menarik dalam ulasan ini adalah munculnya tokoh baru dan tokoh senior dalam kontestan Pilkada 2024.

Salah satunya adalah Dr Bahtiar. Pria kelahiran Kolaka 1982 ini adalah putra asli Mekongga keturunan Sangia Nibandera merupakan raja Mekongga, Dr Bahtiar Pernah menjabat sebagai Chairman AMKOP Business School (Ketua STIE AMKOP) periode 2013-2018 ,2018-2022, 2022-2024, sebuah kampus bisnis besar di Makassar yang memiliki Program Doktor Ilmu Manajemen.

Dalam karir sebagai akademisi, Dr Bahtiar pernah mengikuti berbagai program short course di Berbagai negara amerika, Eropa dan Australia, Doktor Ilmu Manajemen UPI Jakarta ini memang tergolong baru dalam Politik Sultra, Semenjak 2020 Tokoh Muda ini telah melakukan sosialisasi di 17 Kabupaten Kota di Sultra bahkan dari jejak digital, hampir semua kalangan di datangi oleh Dr Bahtiar, Mulai tokoh agama, Masyarakat, Aktivis NGO,Pemuda, Mahasiswa, Petani, Nelayan dan pekerja pekerja industri di Sulawesi Tenggara.

Menurut pengamat politik UM Kendari, Andi Awaluddin Maruf, sebagai tokoh muda dan akademisi Dr Bahtiar dianggap bisa mewakili kaum millenial dan dari sisi geopolitik Dr Bahtiar dapat mensolidkan Kolaka Raya.

"Meliputi Kabupaten Kolaka Utara, Kolaka Induk dan Kolaka Timur," tambahnya.

Baca Juga: Siap Menangkan Lukman Abunawas, TPS Muna Barat Harapkan Wakil Orang Muna

Hal tersebut dipastikan karena hanya Dr Bahtiar yang akan maju bertarung di Pilgub Sulawesi Tenggara dan secara histori kepemipinan Sulawesi Tenggara belum pernah ada orang Kolaka atau suku Mekongga jadi gubernur.

"Isu ini berpeluang bisa kapitalisasi oleh Dr Bahtiar di Pilgub Sulawesi Tenggara," ujarnya.

Sementara itu, tokoh politik senior, Ir Hugua yang lahir di Wakatobi 1962 adalah mantan aktivis NGO, pernah menjadi Bupati Wakatobi 2 periode. Dimana Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu kabupaten kepulauan di Sulawesi Tenggara, serta Hugua pernah menjadi calon wakil gubernur dari Ir Asrun pada 2019 lalu hanya kalah dari Ali Mazi dan Lukman.

Andi Awaluddin Maruf mengatakan, dengan kekuatan Hugua yang pernah menjadi kepala daerah 2 periode dan anggota DPR RI, ia juga bisa mewakili unsur kepulauan dalam Pilgub 2024 nantinya.

Baca Juga: PKS Beri Rekomendasi Tina Nur Alam Sebagai Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara 2024-2029

"Konfigurasi 2 tokoh jika disatukan akan menjadi kekuatan besar untuk memenangkan Pilgub Sulawesi Tenggara 2024," ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini tergantung konsolidasi atau manuver pergerakan kedua tokoh ini untuk meyakinkan parpol-parpol dalam rangka mencukupkan syarat dukungan di Pilgub.

"Meskipun saat ini beberapa parpol telah mengeluarkan surat tugas ke beberapa Balon Gubernur, semua masih dinamis dan peluang masing masing kandidat terbuka lebar," pungkas alumnus Ilmu politik Unhas ini. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga