Pedagang di Wakatobi Dilema Turunkan Harga Minyak Goreng, Ini sebabnya

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Minggu, 13 Februari 2022
0 dilihat
Pedagang di Wakatobi Dilema Turunkan Harga Minyak Goreng, Ini sebabnya
Sejumlah miyak goreng yang dijual pedangang di Wakatobi. Foto: Boy Candra Ferniawan/Telisik

" Harga minyak goreng di sejumlah pasar rakyat di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tengara (Sultra), masih di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Harga minyak goreng di sejumlah pasar rakyat di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tengara (Sultra), masih di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Rupanya kebijakan terasebut belum diberlakukan oleh para pedagang pasar tradisional di Wakatobi, beberapa pedagang mengaku dilemma dan bingung atas kebijakan tersebut terlebih kerugian atas kebijakan satu harga miyak goreng.

Salah satunya pedagang bernama Ida yang menjual di Pasar Swalayan Wangi-Wangi, dirinya menyebut belum menurunkan harga lantaran harga minyak goreng yang dibeli sebelumnya dengan harga mahal dari agen belum laku.

“Harga yang kita ambil dari agen mahal, contohnya miyak Bimoli 5 liter dulunya Rp 75.000 sekarang saja sudah Rp 115.000, jadi kalau kita mau kasih turun lagi tentu kita yang rugi. Belum lagi kita pesan dari Baubau dan Surabaya. Tapi kalau sudah turun harga dari agennya kita mengikut saja,” ungkap Ibu Ida, Minggu (2/13/2022).

Baca Juga: Urus Sampah, Pemkab Manggarai Siap Uang Rp 2 Miliar

Sama halnya dengan sejumlah pedagang di pasar pagi Wangi-Wangi masih menjual minyak goreng dengan harga yang lama lantaran masih memiliki stok lama.

“Stok yang lama masih ada jadi belum berani turunkan harga, harga Rp 18.000 per liter kemasan premium.Tidak mau merugi karena belum dikasih tahu juga sama distributor," ungkap Ali selaku pedagang.

Diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memberlakukan aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) bagi minyak goreng curah hingga kemasan premium yang berlaku 1 Februari.

Baca Juga: Anggaran Tidak Tersedia, Pemkab Muna Batalkan jadi Tuan Rumah MTQ Sultra

Harga minyak goreng mulai dari jenis minyak goreng curah Rp 11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 per liter sedaggkan untuk harga minyak goreng kemasanpremium ditetapkan Rp 14.000 per liter. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Kardin

Baca Juga