Dua Kecamatan Baru Terendam Banjir di Konawe, Total Terdampak 12.416 Jiwa

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Rabu, 22 Juli 2020
0 dilihat
Dua Kecamatan Baru Terendam Banjir di Konawe, Total Terdampak 12.416 Jiwa
Tampak rumah warga yang terendam banjir. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Data terbaru hari ini, ada dua Kecamatan baru yang terendam banjir, yakni Kecamatan Morosi dan Kecamatan Anggalomoare. "

KONAWE, TELISIK.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe merilis data terbaru bencana banjir konawe.

Perhari ini, Rabu (22/7/2020), total 64 desa terendam banjir yang tersebar di 19 Kecamatan. Ada penambahan dua kecamatan yang terendam, yakni kecamatan Morosi dan Anggalomoare.

Hingga kini, 4.009 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir dan sebanyak 1.113 masih bertahan di tenda-tenda pengungsian serta total jiwa terdampak banjir yakni 12.416 jiwa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Konawe, Samsul menjelaskan, terjadi penambahan dua kecamatan baru yang terendam banjir yaitu Kecamatan Morosi, terdiri dari Desa Paku, Mendikonu, Wonua Morini, Morosi, Porara, Puurui, dan Desa Bessu. Kecamatan Anggalomoare terdiri dari Desa Tabanggele dan Puusangi.

Baca juga: Sebanyak 988 Pedagang dan IKM di Wakatobi Terima Bantuan Sembako

"Data terbaru hari ini, ada dua Kecamatan baru yang terendam banjir, yakni Kecamatan Morosi dan Kecamatan Anggalomoare," ungkapnya.

Namun Ia menambahkan, adanya pengurangan jumlah pengungsi yang ada di beberapa tempat pengungsian yang disebabkan debit air di daerah Desa Waworaha Kecamatan Lambuya telah turun dan sebanyak 147 KK telah pulang ke rumah. Akan tetapi pergerakan air menuju ke hulu, yakni di Kecamatan Pondidaha, Morosi, Kapoiala dan Bondoala.

"Kami terus mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya, utamanya daerah yang sebelumnya sering menjadi langganan banjir," pungkas Samsul.

Pihaknya, mengaku evakuasi serta pendistribusian logistik berjalan dengan lancar. Tak lepas dari dukungan Pemkab Konawe dan juga instansi terkait yang juga ikut andil dalam membantu korban banjir ini.

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga