Pekerjaan Penguatan Dermaga Pelabuhan Wanci Ganggu Aktivitas Pelayaran

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Rabu, 09 Maret 2022
0 dilihat
Pekerjaan Penguatan Dermaga Pelabuhan Wanci Ganggu Aktivitas Pelayaran
Pelabuhan Pangulubelo Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Boy Telisik/Telisik

" Kebijakan penghentian sementara aktivitas pelayaran dikarenakan adanya pekerjaan perkuatan dermaga Pelabuhan Pangulubelo Wanci "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pelaksanaan pekerjaan fasilitas Pelabuhan Laut Wanci, berdampak pada terganggunya aktivitas pelayaran di Pelabuhan Pangulubelo Wakatobi, hingga penghentian sementara operasional pelayaran.

Melalui Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Wanci, Arman Saleh mengungkapkaan, kebijakan penghentian sementara aktivitas pelayaran  dikarenakan adanya pekerjaan perkuatan dermaga Pelabuhan Pangulubelo Wanci.

“PT. Pelni mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan pekerjaan penguatan dermaga Pelabuhan Wanci dengan melakukan komunikasi dan koordinasi ke tingkat pimpinan PT. Pelni pusat. Hal ini sebagai upaya untuk membantu tersedianya  Kapal Rede Transport dalam pelayanan kegiatan embarkasi debarkasi kapal penumpang PT. Pelni di Pelabuhan Wanci, dengan bantuan dukungan pihak Syahbandar maupun Kadis Perhubungan Wakatobi,” ungkap Arman Saleh, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Wanci, Rabu (9/3/2022).

Arman Saleh mengungkapkan, schedule pelaksanaan pekerjaan tersebut disampaikan lebih awal untuk menjadi pertimbangan kegiatan operasional kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Wanci, baik kapal-kapal barang (trayek tramper), kapal-kapal penumpang swasta/kapal penumpang PT. Pelni maupun kapal Tol Laut.

Baca Juga: Punya Legalitas, Pemda Konkep Bolehkan PT GKP Beroperasi Asal Tak Sakiti Rakyat

“Dengan adanya pengerjaan pelabuhan ke depan, disarankan kepada pemilik barang/shipper/owner kapal-kapal penumpang swasta, kapal-kapal barang agar menyesuaikan dimensi kapal yang akan beroperasi di Pelabuhan Wanci. Oleh sebab itu peralihan pelayanan sandar kapal yang akan direncanakan menggunakan fasilitas pelabuhan penyeberangan Wanci-Kamaru setelah mendapatkan izin dari penyelenggara pelabuhan feri,” jelasnya.

Baca Juga: Pemda Koltim Bentuk Dua OPD Baru

Dia mengungkapkan, penyedia jasa TKBM yang terdampak nantinya dari pekerjaan tersebut diusulkan untuk diakomodir dalam kegiatan padat karya pekerjaan perkuatan dermaga Pelabuhan Wanci.

“Untuk menjaga inflasi daerah Wakatobi terhadap pelayanan kegiatan kapal Tol Laut karena jenis muatan menggunakan peti kemas, maka akan dibahas lanjut antara Syahbandar dengan tim pelaksana konstruksi dan pengawas supervisi pekerjaan perkuatan dermaga Pelabuhan Wanci,” tutupnya. (C)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga