Pelaku Pencurian di Museum Sultra Tak Kunjung Ditangkap, Massa Tamalaki Kepung Kantor Diknas

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
Pelaku Pencurian di Museum Sultra Tak Kunjung Ditangkap, Massa Tamalaki Kepung Kantor Diknas
Massa Tamalaki Wonua Undoolaki saat berunjuk rasa di Kantor Dinas Diknas Sultra. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Cari-cari, dimana adinda Asrun Lio bersembunyi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekira seribuan massa yang tergabung dalam Tamalaki Wonua Undoolaki Sulawesi Tenggara, mengepung Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (10/3/2021).

Sebelum ke Kantor Diknas Sultra, massa Tamalaki Wonua yang datang dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara terlebih dahulu berkumpul di pelataran eks MTQ Kendari.

Dalam orasinya, Panglima Tamalaki Wonua, Ahmad mengatakan, terjadinya pencurian benda pusaka suku Tolaki di Museum Sulawesi Tenggara sudah beberapa kali terjadi dalam kurun waktu tahun 2020 dan 2021.

Baca juga: BNNP Sultra Tingkatkan Kualitas Penggiat P4GN

“Dalam tahun 2020 sudah dua kali dan 2021 satu kali di museum kita ini mengalami kecurian. Namun pelakunya masih melenggang di luar,” ujar Ahmad lantang.

Akibat lambatnya penanganan kasus tersebut, Tamalaki Wonua menduga terjadinya pencurian di Museum Sulawesi Tenggara ini adalah kerjasama antara Kepala Museum yang ditugaskan menjaga benda-benda bersejarah, dan pemerintah.

“Kami menduga adanya kerjasama antara pemerintah dan Kepala UPTD Museum Sultra untuk menghilangkan identitas adat suku Tolaki,” ujarnya menduga.

Selain itu, Tamalaki Wonua juga meminta kepada Gubernur Sulawesi Tenggara untuk mencopot Kadis Pendidikan Sultra dan Kepala UPTD Museum Sultra karena dianggap tidak becus dan lalai menjaga benda-benda bersejarah milik leluhur suku Tolaki.

“Kami juga mendesak Polda Sultra untuk segera memproses dan menangkap pelaku pencurian di Museum Sultra dalam waktu 2x24 jam,” tegasnya.

Karena tak kunjung ditemui oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, Tamalaki Wonua bergeser menuju Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, untuk bertemu Ali Mazi. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga