Menjaga Cinta Keberagaman di Hari Raya Imlek

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 25 Januari 2020
0 dilihat
Menjaga Cinta Keberagaman di Hari Raya Imlek
Perayaan hari raya imlek. Foto: Istimewa

" Kita ini lahir di tanah Indonesia yang memiliki berbagai macam kebudayaan termasuk imlek maka kita harus menghargai dan menghormatinya. "

KENDARI, TELISIK. ID - Hari ini merupakan hari istimewa bagi warga Tionghoa. Pasalnya, hari ini mereka merayakan tahun baru, yang biasa disebut imlek. Tahun baru imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Tahun baru Cina tersebut dirayakan oleh hampir semua keterunan Cina yang ada di dunia termasuk mereka yang berada di Indonesia.

Dahulu, pada masa pemerintahan orde baru, keturunan Tionghoa tidak boleh merayakan tahun baru imlek di depan umum yang pada saat itu presiden soeharto mengeluarkan instruksi presiden no 14 tahun 1967 yang melarang semua aktifitas ketionghoaan termasuk perayaan imlek.

Namun pasca masa Soeharto telah selesai dan Abdurahman Wahid menjadi presiden RI, ia mengeluarkan instruksi yang memperbolehkan perayaan imlek tionghoa dengan lebih bebas walaupun di tempat umum dan di masa Megawati tepatnya pada tahun 2003, tahun baru imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Ada beragam tradisi pada saat perayaan imlek khususnya di Indonesia. Di antaranya adalah makan bersama, pertunjukan liang liong, barongsai di tempat umum, dan membagikan angpao sembari mengucapkam gong xi fa chai (selamat dan semoga sejahtera).

Walaupun mayoritas warga Indonesia tidak merayakan hari tersebut, tetapi mereka juga sangat menghargai hari raya dari keturunan Tionghoa itu.

"Kita ini lahir di tanah Indonesia yang memiliki berbagai macam kebudayaan termasuk imlek maka kita harus menghargai dan menghormatinya," ujar warga Kota Kendari, Aqil Mustafa, Sabtu (25/1/ 2020).

Baca Juga: OPD dipimpin Plt, Pengamat Menilai Kinerja Pemprov Sultra Tidak Efektif

Ia menambahkan, banyak yang menarik dari perayaan tahun baru Cina terutama barongsainya yang selalu memancing antusias warga yang menontonnya.

"Iya terutama barongsai yang sangat unik dan menghibur," pungkasnya.

Reporter: M1
Editor: Rani

TAG:
Baca Juga