Pelaku Usaha Restoran di Kendari Terima Bantuan Dana Hibah

Sasmiraza, telisik indonesia
Selasa, 15 Desember 2020
0 dilihat
Pelaku Usaha Restoran di Kendari Terima Bantuan Dana Hibah
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) menyerahkan bantuan hibah pariwisata pada 10 pengelola restoran di Kota Kendari. Foto: Sasmiraza/Telisik

" Ini juga sekaligus memotivasi bahwa ada kewajiban membayar pajak ke pemerintah, sehingga ini juga bisa merangsang Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita bisa tumbuh lebih baik ke depan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaku usaha dalam hal ini khususnya sektor pariwisata menerima bantuan dana hibah dari Pemkot Kendari melalui Dinas Pariwisata.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dalam acara Pemulihan Ekonomi Sektor Ekonomi Kreatif di salah satu hotel di Kendari, Selasa (15/12/2020).

Dengan total jumlah sebanyak 268 sasaran hotel/penginapan dan restoran/rumah makan akan menerima bantuan tersebut dalam bentuk uang tunai yang akan ditransfer melalui rekening masing-masing pelaku usaha.

Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan tersebut, Nurhaeda mengatakan, hibah pariwisata ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah serta industri hotel dan restoran yang saat ini sedang mengalami penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta gangguan finansial akibat pandemi COVID-19.

"Selain itu, dengan adanya dana hibah Pariwisata dapat membantu industri Pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesiapan dalam rangka penerapan protokol kesehatan dengan lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Ciptakan Tenaga Kerja Handal, BLK Kendari Gelar Gandeng Pelaku Industri

Sementara itu, Sulkarnain Kadir menyatakan, besaran dana hibah yang diperoleh dari berbagai pelaku usaha bervariasi, yang ditentukan berdasarkan realisasi pajak yang mereka bayarkan ke pemerintah.

"Ini juga sekaligus memotivasi bahwa ada kewajiban membayar pajak ke pemerintah, sehingga ini juga bisa merangsang Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita bisa tumbuh lebih baik ke depan," katanya.

Salah satu penerima bantuan dana hibah pariwisata 2020, Ambiya yang juga merupakan pengelola Progrill Steak & Resto (Pronto) sangat berterima kasih kepada Pemkot Kendari atas bantuan dana hibah yang ia peroleh sebesar Rp. 38.011.758.

"Alhamdulillah saya berterima kasih sekali kepada Pemkot Kendari atas perhatian dengan memberikan kami bantuan ini," pungkasnya.

Hal senada juga di samping penerima lainnya, Pengelola rumah makan Mama Dina Jefri mengaku, meskipun tidak besar namun bantuan itu sangat bermanfaat untuk menambah modal menjalankan usahanya.

Baca juga: Pilkada Konsel, Ali Mazi Beri Ucapan Selamat kepada Surunuddin

Rumah makan prasmanan yang beralamat di jalan Buburanda Kelurahan Korumba ini, mendapat bantuan sekira Rp 4,9 juta.

"Walaupun jumlahnya kecil, bagi kita sangat bermanfaat juga dan patut disyukuri," ungkapnya.

Jefri bercerita, di awal pandemi COVID-19 usahanya mengalami penurunan yang sangat drastis. Namun dengan berjalannya waktu, perlahan pendapatannya mulai membaik.

"Seiring dengan berjalannya waktu pandemi sampai saat ini, jumlah pendapatan agak naik sedikit walaupun tidak normal seperti pada saat belum datangnya masa pandemi. Alhamdulillah usaha rumah makan kami saat ini masih bisa berjalan dan bertahan sampai saat ini walaupun pendapatannya tidak se normal sebelum adanya pandemi," ujarnya.

Penerima bantuan tahap pertama diserahkan kepada 10 restoran/rumah makan yang sudah memenuhi persyaratan, yakni diantaranya RM.Kopi 41, RM.C-Bezt Point, RM.Kampoeng Wisata, RM.E-Kopi, RM. Sumber Aroma, RM. Ibu Rina, RM. Pangsit Hilman, RM. Sari Bumi, RM. Ayam Bakar Wong Solo dan Progrill Steak & Resto (Pronto). (A)

Reporter: Sasmiraza/Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga