Pembukaan KSM dan MYRES Nasional 2023, Sekda dan Wakil Menteri Agama Saling Balas Pantun

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Senin, 04 September 2023
0 dilihat
Pembukaan KSM dan MYRES Nasional 2023, Sekda dan Wakil Menteri Agama Saling Balas Pantun
Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki dan Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, duduk berdampingan saat pembukaan KSM dan MYRES Nasional 2023. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Sekda Asrun Lio dan Wakil Menteri Agama saling berbalas pantun di momen pembukaan KSM dan MYRES tingkat nasional 2023 di lapangan Kantor Balaikota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Reasearchers Supercamp (MYRES) tingkat nasional yang ke-12.

Pembukaan dua kegiatan bergengsi bagi siswa madrasah se-Indonesia tersebut berlangsung di Lapangan Balai Kota Kendari, Minggu (3/9/2023) malam yang dihadiri oleh Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki dan Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama, Eny Retno Yaqut.

Prosesi pembukaan berlangsung meriah, yang mana para tamu undangan dari seluruh Indonesia dihibur dengan berbagai suguhan kebudayaan khas Sulawesi Tenggara yang dipersiapkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara.

Salah satu momen menarik adalah ketika momen pembacaan sambutan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, diselipkan pantun yang berisi ucapan selamat datang untuk para peserta KSM dan MYRES.

Pantun tersebut terbagi menjadi dua pantun yang saling terkait satu sama lain, yakni:

"Kuda yang Mana Kencang Larinya;

Kuda yang Jantan Putih Bulunya;,

Masyarakat Sultra Gembira Hatinya;

Karena KSM Nasional Terselenggara di Daerahnya," ucap Sekda, disambut teriakan "Cakep" dari para tamu undangan yang hadir.

Baca Juga: Duet Maut Waode Heni dan Eny Retno Yaqut di Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah

Kemudian ia melanjutkan ke pantun yang kedua.

"Makan Ikan, Makan Nasi;

Nikmat Rasanya Pakai Sambal Terasi;

Melalui KSM Nasional, Mandiri Berprestasi;

Kita Bangun Kemuliaan Generasi," tambahnya.

Tak mau kalah, Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki juga menyampaikan pantun balasan, sembari menyampaikan pesan-pesan toleransi agama.

"Malam-Malam Makan Nasi;

Makan Nasi Selalu dengan Ikan;

Sungguh Indah Dunia ini;

Hidup Rukun dalam Perbedaan," ungkapnya kemudian melanjutkan ke pantun yang kedua.

"Menari-nari Ikut Irama;

Biar Sehat Ikut Olahraga;

Walau Kita Berbeda Agama;

Tetap Satu dalam Keluarga Indonesia,"

Wakil Menteri Agama juga menjelaskan bagaimana pentingnya berkompetisi dalam hal membantu pengembangan diri untuk para siswa madrasah yang berhasil lolos hingga ke tingkat nasional ini.

Baca Juga: Sukses, Tarian Kolosal Siswa Madrasah se-Sulawesi Tenggara Diberi Standing Applause Wakil Menteri Agama

Kegiatan pembukaan ini berlangsung meriah dengan menampilkan tarian kolosal dari 200 siswa madrasah se-Sulawesi Tenggara dan ditutup dengan penampilan penyanyi asal Sulawesi Tenggara, Wa Ode Heni Andraini.

Pembukaan ini kemudian diapresiasi oleh berbagai pihak yang hadir, salah satunya Sitti Fera, perwakilan dari kontingen Kalimantan Tengah.

"Sangat meriah sekali, bisa melihat kebudayaan Sulawesi Tenggara, acaranya juga berlangsung sukses," jelasnya.

Sitti Fera menambahkan, ia dan 11 peserta KSM dan MYRES dari Kalimantan Tengah berharap besok saat mulai bertanding, akan sukses dan dipermudah dalam pertandingannya.

Perlu diketahui, penyelenggaraan KSM dan MYRES berlangsung di 3 tempat di Kota Kendari, yakni di Balai Kota Kendari sebagai tempat pembukaan, GOR Apriyani sebagai tempat penyelenggaraan lomba dan expo madrasah, serta asrama haji sebagai tempat diselenggarakannya Festival Kande-kandea dan penutupan. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga