Ini Alasan Warga Indonesia Wajib Peduli Muslim Palestina

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 20 Mei 2021
0 dilihat
Ini Alasan Warga Indonesia Wajib Peduli Muslim Palestina
Bendera Palestina dan Indonesia dikibarkan. Foto: Repro matamatapokitik.com

" Masyarakat muslim di Indonesia, termasuk di Sultra wajib untuk berempati terhadap tragedi kemanusiaan yang dialami warga Palestina. Dimana, Israel ingin menguasai wilayah Al Aqsa "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi warga negara Indonesia, wajib memiliki rasa kepedulian dan keprihatinannya terhadap muslim di Palestina yang saat ini mengalami konflik atas kekejaman Israel.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sultra, Supriyanto. Menurutnya, Indonesia dengan Palestina punya hubungan erat satu sama lain.

"Masyarakat muslim di Indonesia, termasuk di Sultra wajib untuk berempati terhadap tragedi kemanusiaan yang dialami warga Palestina. Dimana, Israel ingin menguasai wilayah Al Aqsa," katanya kepada Telisik.id, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Hamas Prediksi Penghentian Perang dengan Israel Segera Tercapai

Pasalnya, kata dia, hubungan Palestina dan Indonesia sangat erat dan dekat. Mengingat, saat negara Indonesia menyampaikan kemerdekaannya, salah satu yang menyatakan dukungan kemerdekaan indonesia adalah Palestina.

Apalagi, lanjut dia, dalam pembukaan UUD, dinyatakan bahwa tidak boleh ada penjajahan di batas muka bumi dan harus dihapuskan.

"Ini bukan hanya persoalan rakyat Palestina, lebih dari itu. Tapi yang lebih umum karena kemanusiaan. Makanya kita harus berempati," tambahnya.

Lebih jauh, Ketua Yayasan Pesantren Ummushabri Kendari ini melanjutkan, kalau dipandang dari segi aqidah maka Masjidil Al-Aqsa itu adalah salah satu rumah ibadah yang memiliki landasan historis yang sangat kuat.

Baca Juga: Serangan Rudal Israel Tewaskan Perempuan Hamil, Anak dan Pria Disabilitas

Dimana, Rasulullah menjalani Isra Miraj di Masjidil Al-Aqsa dari Masjidil Haram. Apalagi, Masjidil Al-Aqsa menjadi tanah suci yang akui oleh tiga agama.

Termasuk juga salah satu masjid dari tiga masjid yang dimuliakan, sehingga ikatan emosional umat Islam harus lebih kuat.

"Jadi selain menjadi tragedi kemanusian, ini juga bisa dilihat dari segi keagamaan yang jelas mengganggu kerukunan antar umat beragama," pungkasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga