Pemda Buton Tengah Lakukan Penguatan Infrasruktur Transportasi Penyeberangan Laut

Mutarfin, telisik indonesia
Kamis, 24 Agustus 2023
0 dilihat
Pemda Buton Tengah Lakukan Penguatan Infrasruktur Transportasi Penyeberangan Laut
Kunker dalam rangka monev penguatan infrasruktur laut dan transportasi penyeberangan di Kabupaten Buton Tengah, yang dihadiri Tim tenaga ahli KSP RI, Ali Mochtar Ngabalin. Foto: Ist

" Pemda Buton Tengah sebagai wujud keseriusan pada infrasruktur laut dan transportasi penyeberangan laut, dibuktikan dengan berkunjungnya tim Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan (KSP) RI, Ali Mochtar Ngabalin bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) di Buton Tengah "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pemda Buton Tengah sebagai wujud keseriusan pada infrasruktur laut dan transportasi penyeberangan laut, dibuktikan dengan berkunjungnya tim Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan (KSP) RI, Ali Mochtar Ngabalin bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) di Buton Tengah.

Kunker itu dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) penguatan infrasruktur laut dan transportasi penyeberangan di Kabupaten Buton Tengah, menyusul terjadinya kecelakaan laut di teluk Mawasangka Tengah.

Pada kegiatan itu, tim ahli KSP bersama rombongan berkunjung langsung dan bertatap muka dengan masyarakat Desa Lagili Kecamatan Mawasangka Timur dan melakukan rapat koordinasi penguatan infrastruktur laut dan transportasi penyeberangan bersama jajaran pemerintah daerah, dan instansi terkait yang bertempat di aula kantor Bupati Buton Tengah.

Baca Juga: Pemda Buton Tengah Gelar Rembuk Stunting 2023

Ali Mochtar Ngabalin menyatakan, perlu adanya evaluasi terhadap infrastuktur kelautan dan transportasi penyeberangan di Buton Tengah, khususnya moda transportasi yang digunakan masyarakat setempat.

"Salah satu isu strategis yang mendesak dikawal oleh KSP adalah melakukan monitoring dan evaluasi infrastruktur kelautan di Indonesia, agar kejadian kecelakaan laut seperti yang terjadi kemarin di Desa Lagili tidak terulang kembali," ungkapnya, Kamis (22/08/2023).

Baca Juga: Kain Tenun Khas Buton Tengah Dipamer pada BBI BBWI Sulawesi Tenggara 2023

Ia menambahkan, salah satu tugas KSP berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 83 Tahun 2019, bertugas memberikan dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program prioritas nasional, komunikasi politik dan pengelolaan isu strategis.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf mengatakan, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Buton Tengah mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Ahli KSP, diharap ada hasil perubahan yang terjadi dan bernilai manfaat bagi masyarakat dan Pemda Buton Tengah.

Pj Bupati Buton Tengah berharap kepada instansi terkait segera menerapakan regulasi yang mengatur pelayaran dan penyeberangan di wilayah ini, dengan fokus pada keselamatan dan pencegahan kecelakaan laut, dengan meningkatkan pengawasan terhadap operasional kapal dan penyeberangan, termasuk pemeriksaan berkala dan audit keselamatan. (B-Adv)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga