Pemda Buton Tengah Gelar Rembuk Stunting 2023

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
Pemda Buton Tengah Gelar Rembuk Stunting 2023
Pemda Buton Tengah menggelar rembuk stunting untuk menangani percepatan penurunan stunting. Foto: Ist.

" Pemda Buton Tengah sebagai keseriusan dalam menangani percepatan penurunan stunting, mengadakan rembuk stunting tahun 2023 "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pemda Buton Tengah sebagai keseriusan dalam menangani percepatan penurunan stunting, mengadakan rembuk stunting tahun 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf mengatakan, kegiatan rembuk stunting sangat penting untuk dilaksanakan guna bersama-sama mencari solusi yang tepat guna mengatasi masalah stunting.

"Pada hari ini kita melakukan rembuk stunting sebagai bentuk komitmen bersama pemerintah dan masyarakat dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Buton Tengah," ungkapnya, Rabu (23/08/2023).

Ia menambahkan, rembuk stunting Buton Tengah merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah untuk memastikan terlaksanannya sinergitas dan integrasi pelaksanaan konvergensi penurunan stunting secara bersama-sama antara pemerintah daerah, pemerintah desa, sektor/lembaga, non pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga: Kain Tenun Khas Buton Tengah Dipamer pada BBI BBWI Sulawesi Tenggara 2023

"Dalam kesempatan ini, saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh komponen masyarakat, perangkat pemerintah dan segenap elemen pemangku kepentingan atas kerjasama dan dukungannya dalam upaya percepatan penanganan stunting di Buton Tengah," ucap Andi Muhammad Yusuf.

Diketahui angka prevalensi stunting di Buton Tengah berdasarkan hasil surfei status gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 mencapai 41,6 persen turun dari 1,1 persen tahun sebelumnya yang mencapai 42,7 petsen. Target Pemerintah Pusat pada tahun 2024, angka stunting menjadi 14 persen.

SSGI memotret status gizi balita dan faktor determinasinya yaitu intervensi spesifik dan sensitif. Hasil pengukuran tahun 2023 menunjukan persentase stunting di Buton Tengah 17,4 persen, menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 22,4 persen.

Baca Juga: Rumpun Wasilomata Kompak Usung La Andi Calon Bupati Buton Tengah

Dalam penanganan stunting di ButonTengah, telah terbentuk tim percepatan penurunan stunting (TPPS) hingga tingkat desa/kelurahan.

"Kita juga telah menunjuk Bapak Bunda asuh stunting untuk masing-masing kecamatan melalui SK Bupati nomor 288 tahun 2023," bebernya

Selain itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Abiddin menjelaskan, penanganan pencegahan stunting gencar dilakukan oleh beberapa dinas terkait.

"Penanganan ini dilakukan dengan memberikan pendampingan, pembinaan kepada kepala keluarga, ibu rumah tangga dalam menentukan gizi makanan yang akan dikonsumsi," ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga