Pemerintah Siapkan Formula Stabilkan Harga Tiket Pesawat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 19 Agustus 2022
0 dilihat
Pemerintah Siapkan Formula Stabilkan Harga Tiket Pesawat
Harga tiket pesawat mengalami kenaikan beberapa hari terkahir ini. Foto: Repro indonews.com

" BUMN telah menyiapkan formula untuk menstabilkan harga tiket pesawat yang belakangan ini mengalami kenaikan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Badan Usaha Milik Negara atau BUMN telah menyiapkan formula untuk menstabilkan harga tiket pesawat yang belakangan ini mengalami kenaikan.

Hal tersebut disampaikan Menteri BUMN, Erick Thohir. Menurutnya, harga tiket pesawat menjadi salah satu komponen penting dalam pengendalian inflasi.

"Kemarin saat Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Bapak Presiden secara tegas meminta agar harga tiket pesawat dapat distabilkan karena ini penting dampaknya bagi pengendalian inflasi kita," ujar Erick di Jakarta, dikutip dari Suara.com, Jumat (19/8/2022).

Lebih lanjut, Erick menyampaikan, BUMN tak hanya bertugas sebagai motor penggerak perekonomian bangsa, melainkan juga harus hadir menjadi penyeimbang tatkala harga pasar tengah mengalami gejolak.

Hal ini, kata Erick, telah dibuktikan BUMN saat melakukan intervensi harga masker hingga operasi pasar untuk kebutuhan pangan.

"Kali ini, kita pun harus hadir menjadi penyeimbang pasar dalam menjaga inflasi dan juga membantu masyarakat mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau," imbuh dia.

Baca Juga: Luhut: Jokowi Bakal Umumkan Kenaikan Harga BBM Subsidi Minggu Depan

Selain itu, Erick mengatakan, telah meminta Garuda Indonesia melakukan sejumlah langkah seperti penambahan frekuensi penerbangan guna memenuhi peningkatan permintaan pengguna jasa pesawat.

Mantan Presiden Inter Milan tersebut menilai, hal ini dapat berdampak pada penurunan harga tiket pesawat.

Dia menyebut melambungnya harga tiket pesawat menjadi momentum bagi Garuda untuk kembali meraih kepercayaan masyarakat.

Dengan begitu, Erick menilai, intervensi harga tiket pesawat menjadi bukti bahwa transformasi dan restrukturisasi Garuda sudah berada di jalur yang tepat.

"Ini saatnya bagi Garuda untuk hadir dan menjawab kepercayaan dan dukungan masyarakat yang kini tengah membutuhkan harga tiket pesawat yang terjangkau," kata dia.

Sementara itu, Erick juga mendukung penuh langkah Kemenhub dalam mengendalikan harga tiket pesawat.

Dia menilai upaya Kemenhub melibatkan para pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah dalam membantu memastikan tingkat keterisian penumpang, memberikan subsidi, dan insentif lainnya, sudah tepat.

Pasalnya, persoalan harga tiket pesawat memerlukan sinergitas banyak pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN hingga swasta.

"Dengan kolaborasi menyeluruh, kita optimistis dapat segera menstabilkan harga tiket pesawat. Hal ini tentu akan berdampak besar bagi aktivitas dan juga perekonomian masyarakat kita yang sangat membutuhkan moda transportasi udara tersebut," kata Erick.

Baca Juga: Awas Upal, Ini Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru Emisi 2022

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir agar segera mengatasi persoalan harga tiket pesawat.

"Di lapangan yang saya dengar juga ada keluhan 'Pak, harga tiket pesawat tinggi'. Ini sudah langsung saya reaksi, Pak Menteri Perhubungan saya perintah segera ini diselesaikan," katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, dikutip dari Kompas.com, pada Kamis (18/8/2022).

Selain itu, Jokowi juga meminta Erick bersama Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra untuk turut bertindak, yakni dengan menambah jumlah pesawat. Hal ini guna menambah jumlah frekuensi penerbangan.

"Garuda, Menteri BUMN juga saya sampaikan segera tambah pesawatnya agar harga bisa kembali kepada keadaan normal," imbuhnya. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga