Pemkab Buton Bangun Kerjasama UICI, Kadispora: Itu Project Pembinaan Atlet

M. Risman Amin Boti, telisik indonesia
Sabtu, 18 Desember 2021
0 dilihat
Pemkab Buton Bangun Kerjasama UICI, Kadispora: Itu Project Pembinaan Atlet
Penandatanganan kerjasama Pemkab Buton dengan UICI di Gedung Kemenpora. Foto : Ist

" Pemkab Buton telah melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan UICI guna pembinaan atlet dan model pemetaan talenta atlet tahun 2022 "

JAKARTA,TELISIK.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton telah melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Universitas Insan Cita Indonesia (UICI), guna pembinaan atlet dan model pemetaan talenta atlet tahun 2022.

Penandatangan dilaksanakan Bupati Buton, La Bakry bersama Rektor UICI, Prof La Ode Masihu Kamaluddin yang disaksikan langsung oleh Menpora Zainuddin Amali di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat, (17/12/2021).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buton, La Ode Abdul Zainuddin Napa meneruskan pernyataan La Bakry bahwa kerjasama dilaksanakan agar generasi muda khususnya atlet di daerah mempunyai kemampuan dalam teknologi.

Menurut Bang Udin sapaan akrabnya, pemuda harus cepat menyesuaikan dalam perkembangan zaman agar tidak tergilas oleh perubahan teknologi modern.

“Kegiatan sudah kemarin, Jumat (17/12/2021), bersama Prof La Ode Masihu Kamaluddin, Rektor UICI yang akan menjadikan Buton sebagai pilot project pembinaan atlet dan model pemetaan talenta atlet untuk peraih emas tingkat dunia (olimpiade),” kata Zainuddin saat ditemui Telisik.id di Jakarta, Sabtu (18/17/2021).

Zainuddin menjelaskan, penandatanganan kerjasama ini karena dalam pengembangan digitalisasi, salah satunya konsentrasi pada pengembangan digitalisasi pembinaan calon atlet olahraga.

Hal itu, tambah Zainuddin, menjadi kebutuhan Kemenpora dalam rekruitment dan pembinaan atlet menghadapi berbagai event olahraga. Maka, Pemkab Buton akan memberikan beasiswa kepada para siswa lulusan SMA/Sederajat untuk belajar di UICI.

Zainuddin menambahkan penandatangan bersama UICI merupakan terobosan pertama. Sebab, Buton menjadi daerah pertama di Sulawesi tenggara untuk melakukan kerjasama dengan kampus berbasis IT yang dipimpin putra Wakatobi tersebut.

Baca Juga: Kerap Berprestasi di Kancah Nasional, Mahasiswa Kendari Ini Harap Perhatian Pemerintah

“Terbukti dengan penandatanganan kerjasama, Pemkab Buton tahun 2022 rencananya akan mengirim 20 orang generasi terbaik untuk diberikan beasiswa, dalam konsentrasi IT untuk pengembangan informatika dan komunikasi digital,” ungkap mantan Kadis Pariwisata Buton ini.

Diketahui, Universitas Insan Cita Indonesia atau UICI merupakan perguruan tinggi yang didirikan oleh Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pertanggal 30 Desember dengan nomor 1183/M/2020.

Sebelumnya, Bupati Buton La Bakry sangat mengapresiasi sambutan dan perhatian Menpora RI untuk kemajuan olahraga dan pembinaan atlet di Kabupaten Buton.

“Saya berharap pemerintah pusat melalui Kemenpora dapat mengakomodir apa yang menjadi usulan dari Pemkab Buton, termasuk Kementerian PUPR dalam hal pembangunan infrastruktur olahraga di daerah penghasil aspal alam terbesar di dunia,” tuturnya.

Baca Juga: Kukuhkan 4 Guru Besar FKIP, Rektor UHO Harap Bisa Lahirkan Karya Ilmiah

Berdasarkan data, kata La Bakry, Buton selalu menyumbang bibit atlet nasional yang mewakili Indonesia di event olahraga internasional seperti Sea Games, Asian Games bahkan setingkat Olimpiade. (A)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga