Pemkab Buton Pastikan Tampilkan Atlet Lokal di Porprov XIV 2022

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 15 September 2022
0 dilihat
Pemkab Buton Pastikan Tampilkan Atlet Lokal di Porprov XIV 2022
Pemkab Buton melakukan rapat persiapan Porprov ke-14 tahun 2022 sebagai tuan rumah ajang ini. Foto: Dok. Pemkab Buton

" Atlet yang disiapkan hanya untuk cabang olahraga yang berpotensi mendapatkan medali "

BUTON, TELISIK.ID – Menjelang perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-14 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Buton melakukan berbagai persiapan, termasuk para atlet yang akan unjuk gigi di ajang tersebut.

Pj. Bupati Buton Drs. Basiran M.Si mengatakan, sebagai tuan rumah, pihaknya tidak hanya fokus sukses penyelenggaraan saja, namun juga menyiapkan atlet terbaik untuk bertanding di Porprov yang akan berlangsung di Kabupaten Buton dan Kota Baubau, mulai 26 November hingga 3 Desember 2022.

“Untuk para atlet ini kami sementara siapkan untuk masing-masing cabang olahraga,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Hanya saja, kata dia, atlet yang disiapkan tersebut hanya untuk cabang olahraga atau cabor yang berpotensi mendapat medali. Di mana diketahui, perhelatan Porprov tahun ini bakal ada 35 cabang olahraga (cabor) yang  akan dipertandingkan.

Rencananya sekitar 18 cabang olahraga yang akan diperlombakan di Buton. Untuk arena setiap cabor sudah dalam tahap pengerjaan, di antaranya lapangan sepak bola, voli pantai, tenis meja, dan berbagai arena lainnya.

Baca Juga: Kepanitiaan Porprov ke-14 di Buton Terbentuk

“Jadi tidak semua cabor yang dipertandingkan akan kami ikuti, tetapi hanya cabor yang mempunyai potensi kita bisa dapat medali,” ujarnya.

Adapun persiapan atlet, pihaknya memastikan bahwa yang akan diturunkan untuk membawa nama Kabupaten Buton adalah atlet yang benar-benar adalah orang lokal.

Pj. Bupati Buton Drs. Basiran M.Si saat mengikuti rapat persiapan Porprov ke-14 tahun 2022 via zoom. Foto: Dok. Pemkab Buton

 

“Kami hanya fokus pada atlet lokal Buton saja, tidak akan mengambil atlet dari luar. Penjaringan atlet diserahkan pada KONI. Makanya kami selalu jalin koordinasi dan berkolaborasi dengan pihak KONI Buton, termasuk menyiapkan pelatih dan official,” pungkasnya.

Sementara itu, Pemkab Buton juga telah membentuk panitia daerah menjelang Porprov ke-14 tahun 2022 di mana Kabupaten Buton dan Kota Baubau menjadi tuan rumah, Selasa (13/9/2022).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton, Zainuddin Napa mengatakan, kepanitiaan Porprov ke-14 tersebut harus terbentuk guna suksesnya penyelenggaraan ajang porprov nanti.

“Demi suksesnya ajang tersebut, Buton harus membentuk panitia daerah, selain panitia dari provinsi,” kata Zainuddin Napa.

Ada dua kewajiban besar yang menjadi tanggung jawab Pemkab Buton yaitu mempersiapkan atlet dan mempersiapkan penyambutan peserta dari 17 kabupaten/kota yang akan dipimpin oleh kepala daerahnya masing-masing.

Baca Juga: Ketua Pengcab Konawe Selatan Sesumbar Raih Hasil Terbaik di Porprov XIV

Pembukaan Porprov rencananya akan digelar di Pasarwajo, sedangkan penutupan dilaksanakan di Kota Baubau. Karena acara pembukaan akan dihadiri kontingen atlet dari 17 kabupaten/kota, sehingga hal tersebut turut menentukan kesuksesan Porprov di Buton.

Seluruh cabor yang dipertandingkan di Porprov diharapkan bisa bersaing di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Karena target besar dari KONI Sulawesi Tenggara adalah bagaimana bisa meraih prestasi terbaik di PON 2024 mendatang.

"InsyaAllah kami targetkan itu bakal ada 16 cabor yang bakal diikutkan di PON nanti. Tentu hal ini masih bisa berubah, dengan melihat hasil Porprov tahun ini, apakah ada cabor lain yang memiliki potensi besar untuk meraih prestasi di event olahraga nasional," ujar Ketua Harian KONI Sultra, Suwandi Andi. (A-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga