Pemkab Kolaka Utara Turun Lapangan Atasi Stunting

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 29 Maret 2023
0 dilihat
Pemkab Kolaka Utara Turun Lapangan Atasi Stunting
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi bersama rombongan turun langsung ke desa-desa di Kecamatan Kodeoha kunjungi balita stunting. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara saat ini tengah berupaya menekan angka stunting untuk mengejar target nasional 14 persen pada tahun 2024 mendatang "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara saat ini tengah berupaya menekan angka stunting untuk mengejar target nasional 14 persen pada tahun 2024 mendatang.

Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Kolaka Utara yang dimotori langsung Penjabat (Pj) Bupati Kolaka, Parinringi memboyong perangkat daerah turun ke beberapa desa di Kecamatan Kodeoha bertemu dan membagikan bantuan untuk pemenuhan gizi kepada balita.

Kata Pj Bupati Kolaka Utara, Stunting menjadi masalah serius di Indonesia termasuk di Kolaka Utara. balita yang mengalami stunting akibat gizi buruk dapat menyebabkan kondisi gagal tumbuh.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Terus Genjot Penurunan Angka Stunting

Karena itu, ia menegaskan pentingnya intervensi dengan meningkatkan program pemenuhan gizi anak.

"Kami yakin dengan program pemenuhan gizi yang intensif dapat menekan angka stunting dan memperbaiki kualitas hidup anak-anak di daerah ini,” terangnya,

Parinringi berharap, semua pihak dapat bersinergi dan bekerjasama menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak, dengan kerja sama yang baik, masalah stunting di Kolaka Utara bisa teratasi dan anak-anak bisa tumbuh sehat dan cerdas.

"Insya Allah kalau kita keroyok. Angka stunting ini bisa 0 di Kecamatan Kodeoha,” ujarnya.

Tempat sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Utara, Taupik S menyampaikan, penanganan stunting perlu dilakukan dengan serius dan terpadu.

Salah satunya dengan menunjuk staf khusus yang akan bertanggung jawab dalam mengawasi dan menangani kasus stunting di lokus-lokus tertentu. Hal itu bertujuan agar upaya penanganan stunting dapat berjalan efektif dan efisien.

"Kami akan menunjuk staf khusus, nantinya fokus dalam penanganan stunting. Kami juga akan memastikan tugas tersebut benar-benar dilaksanakan dengan baik,” tukasnya.

Baca Juga: Menikah Harus Punya Sertifikat Elsimil, BKKBN: Ini Untuk Cegah Stunting Baru

Diketahui, Pj Bupati Kolaka Utara beserta jajarannya yakni Sekda, Asisten I, Kepala Bappeda, Kadis Kesehatan, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas PUPR, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Direktur BLUD Djafar Harun, menggelar rapat koordinasi di Kantor Camat Kodeoha Selasa (28/3/2023), terkait upaya menekan stunting.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kodeoha, Kepala Puskesmas Mala-mala, dan para kepala desa lingkup kecamatan Kodeoha.

Usai rapat Pj Bupati bersama rombongan turun langsung ke desa-desa menemui balita terdampak stunting. (B-Info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga