Jaringan Kabel Meledak, Nyaris Hanguskan Rumah Warga

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Jumat, 23 Juli 2021
0 dilihat
Jaringan Kabel Meledak, Nyaris Hanguskan Rumah Warga
Proses pemadaman kabel listrik yang terbakar. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" "

BAUBAU, TELISIK.ID - Jaringan kabel di tiang listrik meledak dan terbakar, hingga nyaris menghanguskan rumah warga.

Kejadian tersebut terjadi di pemukiman padat penduduk, di Lingkungan Wurahabake, Kelurahan Bukit Wolio Indah, Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Jumat (23/7/2021).

Dari keterangan beberapa warga, kebakaran kabel tersebut diduga karena adanya kosleting listrik di sebuah tiang listrik, dengan kabel yang padat dan saling berkaitan dengan kabel telepon.

Proses pemadaman kebakaran  tersebut berlangsung dramatis, sebab api awal nya dipadamkan secara manual dengan menggunakan tabung gas dari pihak PLN, disebabkan mobil pemadam kebakaran yang belum kunjung datang.

Baca Juga: Pria Lansia di Kendari Ditemukan Tewas di Kamar Kos

Baca Juga: Miris, Kakek di Malaka NTT Rudapaksa Cucunya Selama 2 Tahun

"Sempat terdengar suara ledakan beberapa kali kali, disertai percikan api sebelum kabel di tiang listrik tersebut terbakar," ujar seorang warga setempat, yang enggan menyebut namanya.

Kebakaran tersebut juga sempat membuat panik penduduk sekitar. Pasalnya, api yang terlihat mulai menjalar di kabel yang terhubung dengan rumah warga, serta letak tiang listrik tersebut juga tepat berada di halaman rumah warga setempat.

Selang beberapa saat, petugas PLN bersama warga bahu membahu memadamkan dan memotong pohon yang menutupi tiang listrik tersebut, sehingga imbas dari kebakaran tersebut tidak terlalu parah. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga