Pemkab Konawe Gelar Panen Pedet dan Kontes Sapi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 02 Maret 2023
0 dilihat
Pemkab Konawe Gelar Panen Pedet dan Kontes Sapi
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat meninjau kontes sapi dan panen pedet. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Dalam memperingati HUT ke-63 Kabupaten Konawe, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar kontes ternak sapi dan panen pedet "

KONAWE, TELISIK.ID - Dalam memperingati HUT ke-63 Kabupaten Konawe, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar kontes ternak sapi dan panen pedet, Kamis (2/3/2023).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Jumrin menuturkan tujuan dari panen pedet karena mau buktikan dengan fisik peternakan sapi di Konawe, bukan dengan data.

"Karena kita termasuk pemegang visi dan misi Bupati Konawe, walaupun tidak semua kami datangkan yang penting masyarakat bisa melihat panen pedet ini," tambahnya.

Baca Juga: Terdakwa Diduga Sebut Mujianto Mafia Tanah Divonis Percobaan 10 Bulan

Ia mengungkap untuk saat ini sapi yang berada di sini kurang lebih ada 300 ekor, yang berasal dari beberapa kecamatan sementara untuk sapi di Kabupaten Konawe kurang lebih ada 85.000 ekor.

"Kalau untuk jenis pedet populasinya sekitar 35.000, yang tersebar di seluruh wilayah Konawe," ungkapnya.

Ia menambahkan, selain panen pedet pihaknya juga mengadakan kontes untuk ternak sapi dengan dua kategori yaitu kategori umur di bawah 26 bulan dan di atas 26 bulan.

"Untuk penilaiannya kami melihat dari segi postur, kesehatan dan jenisnya kita lihat semua," tambahnya.

Untuk mendukung program Bupati Konawe pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan membuat program kawin suntik untuk menambah jumlah bibit sapi pedet yang berkualitas.

Tempat sama, perwakilan dari Kementerian Peternakan Drh Hary Agustiar mengungkap, Kabupaten Konawe saat ini menjadi sumber ternak sapi di Sulawesi Tenggara.

"Saya siap mengawal penyakit yang terjadi pada ternak, apalagi saat ini sedang ada wabah PMK," ujarnya.

Ia menambahkan target bibit pedet di Kabupaten Konawe masih 89 persen. Sementara untuk target ketersedian daging sapi potong, kita harus menjaga keseimbangan dari sapi yang lahir, yang dipotong dan yang jual itu semua harus seimbang.

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bakal membuktikan, jika Konawe bisa menjadi penyuplai daging sapi di Sulawesi Tenggara.

"Saya juga berharap agar Kabupaten Konawe dapat menjadi sentral daging sapi di Sulawesi Tenggara," ungkapnya.

Baca Juga: Marak Peredaran Narkoba di Sumatera Utara, Kantor Polisi Didemo

KSK menambahkan pihaknya akan terus mengembangkan agar semua peternak sapi dapat selalu berkembang dan dapat menopang pendapatan daerah di Kabupaten Konawe.

"Saat ini kita akan terus genjot para peternak untuk dapat menambah dan terus mengembangkan peternakan sapi," tambahnya.

Pengembangan peternak sapi di Konawe dilakukan dengan kawin suntik dan kawin alam, sementara untuk program Kabupaten Konawe saat ini menggunakan metode kawin suntik dengan memilih bibit sapi yang unggul dan bagus. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga