Pemprov Sulawesi Tenggara Beberkan Alokasi Anggaran untuk Pemeliharaan Jalan Tahun 2024

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 31 Januari 2024
0 dilihat
Pemprov Sulawesi Tenggara Beberkan Alokasi Anggaran untuk Pemeliharaan Jalan Tahun 2024
Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul saat diwawancara awak media. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga menyampaikan beberapa titik pemeliharaan dan peningkatan jalan di Bumi Anoa "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga menyampaikan beberapa titik pemeliharaan dan peningkatan jalan di Bumi Anoa.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul mengatakan, terkait pemeliharaan dan peningkatan jalan di Sulawesi Tenggara tahun 2024 tidak memiliki anggaran yang besar.

"Tahun ini kita kebagian anggaran tidak terlalu besar, dibandingkan tahun lalu terkait pemeliharaan dan peningkatan jalan di Sulawesi Tenggara. Kita harus pahami kondisi keuangan daerah kita fokus ke Pilkada, sehingga dana sebagian besar lari kesana, namun kami memaksimalkan supaya jalan kita tetap terpelihara," kata Pahri Yamsul.

Baca Juga: Tetap Waspada, Pencuri dengan Modus Pecah Kaca Mobil Masih Berkeliaran

Lebih lanjut, kata Pahri, saat ini terdapat dana tambahan untuk dialokasikan ke beberapa lokasi yang telah ditentukan, sehingga jika informasi kerusakan jalan terjadi saat ini, pihaknya belum memiliki anggaran.

"Untuk anggaran itu sudah punya lokasi, tidak bisa kita rubah-rubah lagi, sekarang persoalannya kalau ada jalan rusak di suatu tempat, itu kita tidak punya anggaran, yang jelas di tahun 2024 kita harus siap menghadapi kerusakan kerusakan ekstrim dengan dana yang tersedia," ujarnya.

Menurut data Dinas SDA dan Bina Marga, sepanjang jalan provinsi Sulawesi Tenggara yang sudah baik saat itu sekitar 76 persen. Untuk kategori belum baik sekitar 23 persen atau 190 Km.

"Data untuk Kabupaten Muna sudah 90 persen baik, kecuali Muna ke Buton Tengah, yang sudah baik seratus persen itu Baubau, Buton Selatan. Sementara Buton tinggal arah ke Buton Utara. Yang rusak parah juga itu di daerah Buton Utara," ucapnya.

Pahri menambahkan, anggaran pemeliharaan dan peningkatan jalan tahun 2024 lokasinya telah dipilah-pilah berdasarkan tingkat kerusakan yang parah.

Baca Juga: Jadwal KFC Jetlinner Rute Kendari-Raha-Wanci Periode Februari 2024

"Pemeliharaan dan peningkatan jalan dengan dana 27,5 miliar dianggarkan untuk se Sulawesi Tenggara, untuk lokasi yang telah dipilah-pilah diprioritaskan di daerah Buton Utara dan Motaha, Konawe Selatan, terdapat jalan rusak parah sekali," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat di Kabupabaten Muna mengeluhkan jalan yang ada di Desa Lapodidi, Kecamatan Kontunaga, karena telah bertahun-tahun jalan rusak parah menghambat masyarakat setempat.

"Parah sekali jalan di kampung saya lewat sakit pinggangku, padahal jalan itu menjadi akses mobilisasi sangat diperlukan oleh petani atau pengguna kendaraan," ucap Fadila.

Ia juga menyinggung tahun politik, di pedesaan agar tidak hanya dijadikan tempat kampanye untuk menarik suara, namun juga harus ditindak secara nyata setelah kampanye. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga