Pemuda di Kolut, Pelajari Budaya Suku Tolaki

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 21 November 2019
0 dilihat
Pemuda di Kolut, Pelajari Budaya Suku Tolaki
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolut, H. Idrus Baso Malluru, S.Sos,. M.Si saat menyampaikan sambutannya sekaligus membuk

" Perbup nomor 5 tahun 2019 yang akan fokus menggali dan mengembangkan budaya dan adat istiadat di Kolut kedepannya. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Para pemuda di Kolut dibekali pengetahuan tentang adat-istiadat dan kebudayaan suku Tolaki, untuk mempertahankan agar budaya tersebut tetap bertahan di tengah masyarakat.

Sebanyak 60 pemuda itu, mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Tolea/pabitara Dewan Adat Patowonua Kolut.
Acara ini digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut, Rabu (20/11/2019).

"Perbup nomor 5 tahun 2019 yang akan fokus menggali dan mengembangkan budaya dan adat istiadat di Kolut kedepannya," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolut, H. Idrus Baso Malluru, S.Sos.,M.Si.

Idrus berharap kedepannya pelatihan atau kegiatan-kegiatan yang menyangkut kebudayaan dapat ditingkatkan, khususnya kebudayaan adat Patowonua, sehingga budaya ini dapat dimengerti dan dipahami oleh generasi berikutnya.

"Kami di Dikbud akan selalu siap mengembangkan budaya dan adat istiadat kita tanpa harus mengabaikan budaya dan adat istiadat suku lain," jelasnya.

Tentunya kita semua berharap lanjutnya agar kegiatan ini bisa menjadi perekat antar kita semua dan sekaligus menjadi perekat antar sesama suku tanpa harus ada sekat-sekat antara suku satu dan lainnya.

Untuk diketahui, Diklat tersebut berlangsung selama dua hari dengan tujuan memberikan pelatihan dan pemahaman kepada generasi muda terkait budaya dan tradisi atau adat tolaki dalam proses penyelenggaraan pernikahan.

Reporter: Muh. Risal
Editor: Sumarlin

Baca Juga