Penerbangan Langsung Indonesia-Arab Saudi Sedang Digodok

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 12 Oktober 2021
0 dilihat
Penerbangan Langsung Indonesia-Arab Saudi Sedang Digodok
Penerbangan jemaah umrah asal Indonesia. Foto: Repro okezone.com

" Perlu diketahui, hal teknis yang dibahas salah satunya terkait dengan keharusan karantina selama lima hari jika belum memenuhi syarat vaksin yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pelaksanaan umrah bagi umat Islam di Indonesia bakal bisa melakukan penerbangan langsung ke Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Eko Hartono. Menurutnya, dengan adanya kebijakan tersebut sehingga ketika melakukan umrah tidak perlu melalui negara ketiga.

Melansir okezone.com, hal ini kemungkinan bisa direalisasikan jika kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi terkait teknis pelaksanaan ibadah umrah bisa tercapai.

“Nantinya waktu sudah ada kesepakatan dan kita sudah benar-benar siap kirim, Insya Allah akan dibuka kembali flight langsung,” katanya saat dihubungi, Selasa (12/10/2021).

Perlu diketahui, hal teknis yang dibahas salah satunya terkait dengan keharusan karantina selama lima hari jika belum memenuhi syarat vaksin yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

“Untuk karantina itu bagi yang tidak penuhi syarat kesehatan. Seperti belum booster padahal vaksinnya Sinovac atau baru sekali vaksin dan sebagainya. Lalu karantina lima hari dilakukan di hotel yang ditunjuk,” ujarnya.

Seperti diketahui sebagian besar masyarakat Indonesia divaksin dengan sinovac yang mana belum masuk dalam daftar merk vaksin yang disetujui Pemerintah Arab Saudi.

Eko berharap agar jemaah Indonesia tidak perlu karantina tapi ada beberapa hal yang harus dilakukan jika umroh tanpa karantina.

“Kita berharap tidak ada yang dikarantina karena akan kurangi waktu ibadah,” ujarnya

“Makanya diusahakan jamaah penuhi syarat vaksin dua kali (sinovac) plus booster. Atau dapat vaksin dua kali dengan menggunakan yang disetujui Saudi sejak lama yaitu Pfizer, Moderna, Johnsons dan Astrazeneca dengan demikian langsung bisa umroh tanpa, karantina,” sambungnya.

Namun begitu, dia mengatakan, untuk pemenuhan syarat tanpa umrah tanpa karantina juga tidak mudah. Misalnya saja terkait vaksin booster yang mana tidaklah mudah karena masyarakat Indonesia belum semua tervaksinasi.

Di sisi lain, bisa saja menambah waktu umroh agar dapat melakukan karantina terlebih dahulu.

Baca Juga: Izinkan Yahudi Berdoa di Al-Aqsa, Israel Tuai Kecaman di Mana-Mana

Baca Juga: ISIS Klaim Jadi Otak Aksi Bom Bunuh Diri di Masjid Afghanistan

Terkait hal itu, Eko mengatakan bahwa hal tersebut ranah privat karena menyangkut biaya.

“Ini kan ranah privat. Tergantung masing-masing karena terkait biaya,” katanya.

Saat ini, kata Eko, tengah dibahas bersama Pemerintah Arab Saudi terkait jalan keluar terbaiknya.

“Makanya lagi dibahas dengan Saudi gimana jalan keluarnya ini,” pungkasnya.

Mengutip Wikipedia.com, umrah adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga