Penerimaan Siswa Baru, Kuota SMAN 1 Kendari 432 Siswa

Siswanto Azis, telisik indonesia
Jumat, 26 Juni 2020
0 dilihat
Penerimaan Siswa Baru, Kuota SMAN 1 Kendari 432 Siswa
Kepala SMA Negeri 1 Kendari, H. Agusman Hanisi. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Sedangkan jalur mutasi atau perpindahan orang tua dengan kuota 5 persen, didasarkan pada perpindahan tugas atau mengikuti tempat bekerja orang tua calon peserta didik. "

KENDARI, TELISIK.ID - SMAN 1 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini telah membuka pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021.

Pendaftaran secara online ini telah dibuka sejak tanggal 22 Juni hingga 4 Juli 2020 mendatang. Kuota yang disiapkan adalah 432 siswa, yang dibagi 12 rombongan belajar (Rombel).

"Kuota PPDB 2020/2021 kami buka sebanyak 432 siswa. Dari 432 itu akan dibagi ke dalam 12 rombel, jadi masing-masing rombel akan diisi 36 siswa,” kata Kepala SMAN 1 Kendari Agusman Hanisi, Jumat (26/6/2020).

Agusman Hanisi menjelaskan, pada PPDB, calon peserta didik diberikan tiga jalur pilihan, yakni jalur afirmasi (KIP) 15 persen, jalur prestasi 30 persen dan jalur mutasi 5 persen.

“Untuk jalur afirmasi 15 persen ini untuk siswa yang tidak mampu dan pemegang kartu KIP, jadi walaupun masuk kategori tidak mampu tapi tidak memegang kartu KIP kami tidak terima," ungkapnya.

Baca juga: Sakau, Remaja Nekat Hancurkan Rumah untuk Beli Sabu

Kemudian untuk jalur prestasi 30 persen terbagi atas dua bagian, yakni berdasarkan nilai Ujian Nasional (UN) dan berdasarkan prestasi dari lomba yang diikuti, baik itu tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional, serta akan dilakukan seleksi berdasarkan lomba yang diikuti calon peserta didik.

“Sedangkan jalur mutasi atau perpindahan orang tua dengan kuota 5 persen, didasarkan pada perpindahan tugas atau mengikuti tempat bekerja orang tua calon peserta didik,” paparnya.

Adapun teknis pendaftarannya, sambung Agusman, calon peserta didik hanya mengakses situs secara online yang telah tertempel di sekolah

“Apabila tahapan seluruhnya sudah selesai tetapi masih terdapat kursi kosong, Dinas Dikbud Sultra akan kembali membuka pendaftaran gelombang kedua,” pungkasnya.

Repoter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga