Pemprov Sulawesi Tenggara Beri Penghargaan Guru dan Siswa di HGN 2023

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 28 November 2023
0 dilihat
Pemprov Sulawesi Tenggara Beri Penghargaan Guru dan Siswa di HGN 2023
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara serahkan penghargaan kepada salah satu guru pada peringatan Hari Guru Nasional 2023. Foto: Ist.

" Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan penghargaan kepada sejumlah guru dan siswa pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara memberikan penghargaan kepada sejumlah guru dan siswa pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 di Kota Kendari.

Hari Guru Nasional (HGN) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 25 November. Peringatan HGN juga menjadi ruang apresiasi yang diberikan kepada para guru atas semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam merdeka belajar demi terwujudnya pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi peserta didik. 

Penghargaan tersebut diberikan kepada 20 guru dan 100 orang siswa berprestasi saat upacara HGN 2023 di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara Apresiasi SMAN 4 Kendari Cegah Bullying di Sekolah

Sebanyak 100 siswa berprestasi diberikan penghargaan berupa beasiswa sebesar Rp 1,5 juta per siswa. Sementara masing-masing guru mendapat satu unit laptop merek Axioo Mybook Pro L7.

Penyerahan penghargaan terhadap siswa pada peringatan Hari Guru Nasional 2023 di Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto menyampaikan bahwa penyerahan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada insan pendidikan di Bumi Anoa yang telah berkontribusi untuk negeri khususnya di bidang pendidikan.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Provinsi Sultra dalam mendukung pendidikan di Bumi Anoa,” katanya.

Andap tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah mendedikasikan hidupnya, ilmunya, waktu, dan tenaganya untuk mencerdaskan anak-anak di Sulawesi Tenggara.

“Sebagai anak didik kita wajib untuk memberikan penghormatan kepada beliau, para guru yang telah berperan besar dalam pendidikan kita semua,” tutupnya.

Upacara peringatan Hari Guru Nasional 2023 yang diadakan setiap tanggal 25 November. Foto: Ist.

 

Dilansir dari umsu.ac.id, sejarah Hari Guru Nasional berawal pada tahun 1945. Pada waktu itu, terbentuklah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) setelah sebelumnya terdapat Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912.

Hari Guru Nasional ditetapkan berdasarkan keputusan presiden pada tahun 1994, tepatnya berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tujuan ditetapkannya Hari Guru Nasional adalah untuk mengapresiasi jasa dan perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Guru Nasional, di antaranya:

1. Memberikan kartu ucapan pada guru sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih atas jasa-jasanya.

2. Mendekorasi kelas dan memberikan kejutan kepada para guru sebagai bentuk penghargaan.

Baca Juga: Taspen Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Anak PNS, ini Syarat dan Ketentuannya

3. Memberikan hadiah spesial untuk guru, seperti tas, sepatu, jam, atau aksesoris lainnya yang dapat menunjang penampilan mereka saat mengajar.

4. Mengucapkan terima kasih kepada para guru secara langsung atau melalui surat ucapan.

5. Membuat kejutan atau acara menarik untuk para guru, seperti bernyanyi atau membuat video ucapan terima kasih.

6. Menunjukkan sikap yang baik pada guru, seperti mendengarkan saat guru memberikan materi di kelas, mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin, dan tidak melawan pada guru. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga