Pengusulan Calon Pj Bupati Konawe Belum Diputuskan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 04 Agustus 2023
0 dilihat
Pengusulan Calon Pj Bupati Konawe Belum Diputuskan
Ketua DPRD Konawe Ardin belum bisa memberikan keterangan terkait pengusulan Pj Bupati Konawe. Foto: Ist.

" DPRD Kabupaten Konawe sudah mulai menggodok nama-nama bakal calon Penjabat (Pj) Bupati Konawe, untuk menggantikan Kery Saiful Konggoasa yang masa baktinya akan berakhir pada 23 September 2023 mendatang "

KONAWE, TELISIK.ID - DPRD Kabupaten Konawe sudah mulai menggodok nama-nama bakal calon Penjabat (Pj) Bupati Konawe, untuk menggantikan Kery Saiful Konggoasa yang masa baktinya akan berakhir pada 23 September 2023 mendatang.

Sebagai bagian dari proses, lima fraksi di DPRD Konawe yakni Fraksi Konawe Gemilang (PAN, Nasdem, PKS, Golkar), Partai Bulan Bintang, PDIP-PKB, Gerindra-Perindo dan Demokrat telah melakukan rapat pembahasan pada Rabu (2/8/2023) lalu.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Konawe, Ardin dan didampingi Wakil Ketua Adjuddin Dongge dan Rusdianto  telah diputuskan setiap fraksi akan mengusulkan dua nama bakal calon Pj Bupati Konawe, kemudian dikerucutkan menjadi tiga nama calon Pj bupati. Tiga nama itulah yang akan diserahkan ke Kementeri Dalam Negeri di Jakarta.

Namun, hingga Jumat (4/8/2023) ini, kelima fraksi di DPRD tersebut belum menyerahkan daftar nama bakal calon Pj Bupati Konawe sesuai format yang telah disepakati.

Baca Juga: Seorang IRT di Konawe Diduga Dibacok Mantan Suami

Ketua DPRD Konawe, Ardin membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan belum bisa memberikan keterangan siapa calon Pj Bupati Konawe yang akan diusulkan kepada Mendagri di Jakarta.

"Belum saya putuskan. Nanti kalau saya sudah terima usulan fraksi baru bisa dikomentari," kata Ardin saat dikonfirmasi via seluler.

Terpisah, Fraksi Gerindra-Perindo menyampaikan, partainya masih mengkaji usulan Pj Bupati Konawe. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut tidak mau salah memilih bakal calon yang akan diusung.

Kalkulasi politik pada Pemilu 2024 mendatang menjadi salah satu pertimbangan Fraksi Gerindra-Perindo dalam menentukan usulan Pj Bupati Konawe.

"Tentunya koordinasi fraksi Gerindra dan pimpinan partai Gerindra terus kita lakukan,  karena kita berharap Pj Bupati Konawe ke depan adalah usulan dari fraksi Gerindra," kata Sekretaris Fraksi Gerindra-Perindo, Ulfiah.

Senada, Fraksi PDIP-PKB juga optimis calon Pj yang akan diusulkan nanti ditunjuk menjadi nahkoda Kabupaten Konawe menggantikan Kery Saiful Konggoasa yang  masa baktinya akan berakhir di September mendatang.

"Harapannya, calon yang kami usulkan itu bisa diterima oleh Mendagri dan diberi amanah untuk menjadi Pj Bupati Konawe," harap Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto.

Meski demikian, Ketua DPC PDIP Konawe itu masih enggan membocorkan dua nama calon Pj Bupati Konawe yang akan diserahkan kepada ketua DPRD untuk diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri.

"Belum, kita belum menyerahkan nama-nama itu secara resmi," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat, Umar Dema belum bisa memberikan keterangan terkait calon Pj Bupati Konawe.

Menurut dia, masih diperlukan komunikasi lanjut dengan Ketua DPD Demokrat Sulawesi Tenggara, Muh Endang sebelum usulan itu diserahkan kepada ketua melalui Sekretariat DPRD Konawe.

"Belum Final, kami masih perlu komunikasi dengan pak Endang dulu," kata Umar Dema saat dihubungi via seluler.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PBB, Alaudin secara gamblang mengungkap, calon Pj Bupati Konawe yang diusulkan oleh partainya. Kedua calon Pj bupati tersebut yaitu, Kepala Kesbangpol Sulawesi Tenggara Harmin Ramba dan Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari, Syahril Abdul Rauf.

"Kami Fraksi PBB melihat dua figur itu memenuhi syarat untuk menjadi Pj Bupati Konawe," kata Alaudin.

Ia menyebut, dua nama yang diusul oleh Fraksi PBB tersebut cukup kuat untuk diusulkan menjadi calon Pj Bupati Konawe.

"Berdasarkan komunikasi politik lintas fraksi, hampir dipastikan dua nama itu masuk dalam daftar nama calon Pj Bupati Konawe yang akan diusul ke Mendagri," ungkapnya.

Baca Juga: DPRD Godok Nama Calon Pj Bupati Konawe, 2 Nama Mencuat

Selain kedua nama itu, Alaudin juga menyebut nama La Ode Muhajirin, Kepala Pusat Penyusunan Keterpaduan Rencana Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dari Kementerian PDTT juga punya peluang diusulkan. Kata dia, nama La Ode Muhajirin masuk dalam pembahasan fraksi di DPRD.

Alaudin pun berharap ke depan, siapa pun nantinya yang akan menjadi Pj Bupati Konawe itu bisa membangun sinergi dengan DPRD Konawe.

Diketahui, berdasarkan surat dari Sekjen Mendagri, usulan calon Pj Bupati Konawe paling lambat diserahkan pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Hingga berita ini diterbitkan, awak media ini belum mendapatkan konfirmasi secara resmi dari Fraksi Konawe Gemilang terkait bakal calon Pj Bupati Konawe yang mereka usulkan. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga