Dua Kali Gagal Seleksi Kowad, Gadis Ini Menjadi Satu-satunya Polwan Utusan Polres Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Kamis, 20 Juli 2023
0 dilihat
Dua Kali Gagal Seleksi Kowad, Gadis Ini Menjadi Satu-satunya Polwan Utusan Polres Wakatobi
Umi Fathur Rahmi Khasanah ketika menjadi peserta Paskibra Kabupaten Wakatobi tahun 2019. Foto: Ist.

" Umi Fathur Rahmi lolos menjadi Bintara Polri dan menjadi satu-satunya polwan utusan Polres Wakatobi yang lulus selama 8 tahun terakhir "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Umi Fathur Rahmi Khasanah lulus menjadi Bintara Polri dan menjadi satu-satunya polwan utusan Polres Wakatobi yang lulus selama 8 tahun terakhir. Umi merupakan anak sulung dari Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi, Abdul Kasim.

Berdasarkan hasil sidang kelulusan akhir Bintara Polri Polda Sulawesi Tenggara tahun 2023 yang dilihat Telisik.id pada akun YouTube Dalpers Biro SDM Polda Sulawesi Tenggara, Rabu (19/2023), Umi Fathur Rahmi Khasanah menjadi salah satu utusan Polres Wakatobi yang mendapatkan kuota khusus Mabes Polri.

Pada tes seleksi akhir yang ia ikuti, jumlah yang tersisa ada 25 casis. 2 orang lulus kuota khusus, 10 orang lulus masuk pendidikan gelombang 2 tahun 2023, 10 orang lulus masuk pendidikan gelombang 1 tahun 2024, dan 3 orang tidak lulus.

Putri dari pasangan Abdul Kasim dan Nur Azizah ini mengaku telah mempersiapkan diri sejak kelas 2 SMA hingga dinyatakan lulus menjadi polwan. Ia mengungkapkan, tidak mudah untuk mencapai hal tersebut. Dua kali gagal mengikuti tes seleksi Kowad, tak membuat ia putus asa. Dan ia bersyukur, untuk pertama kalinya mengikuti seleksi masuk Bintara Polri, ia dinyatakan lulus.

"Intinya jangan berputus asa kalau di tes pertama gagal, masih bisa ikut tes berikutnya. Tetap berlatih, belajar dan tidak lupa juga berdoa. Karena prinsip yang saya pegang, jika masih ada kesempatan, dicoba lagi. Dua kali gagal, saya harus bangkit untuk yang ketiga kalinya dan saya percaya segala usaha dan doa kita tidak akan sia-sia," tutur gadis yang akrab disapa Umi, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga: Anak Petani Dilantik Jadi Bintara Polri, Ini Pengakuan Orang Tua

Umi dikenal aktif selama menjalani pendidikan. Beberapa prestasi telah dia raih, di antaranya:

1. Mayoret Marching Band Gita Suara Alam Laut Wakatobi tahun 2018

2. Paskibraka Kabupaten Wakatobi tahun 2019

3. Juara Berbakat Pesona Batik Nusantara tingkat nasional tahun 2019.

Baca Juga: Ratusan Bintara Muda Polri Resmi Selesaikan Pendidikan

Keluarga pun ikut bangga dan terharu dengan pencapaian Umi. Wa Ode Mariah, tante dari Umi mengungkapkan, saat diinformasikan pertama kali, ia sangat bangga, terlebih mengingat usaha dari keponakannya yang sempat gagal mengikuti tes Kowad.

"Bangga dan terharu. Apalagi Umi satu-satunya perempuan yang lulus untuk utusan Wakatobi setelah 8 tahun belum pernah lagi ada perempuan yang lulus," ujarnya.

Mereka berharap Umi menjadi polisi yang bisa mengayomi dan melayani masyarakat dengan baik. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga