Peringatan Dini Tsunami di Sultra Berakhir

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 14 Desember 2021
0 dilihat
Peringatan Dini Tsunami di Sultra Berakhir
Dampak tsunami di Palu beberapa tahun silam. Foto: Repro Idntimes.com

" BMKG akhirnya mencabut peringatan dini tsunami di Sultra akibat gempa yang mengguncang NTT "

KENDARI, TELISIK.ID - BMKG akhirnya mencabut peringatan dini tsunami di Sultra akibat gempa yang mengguncang NTT Selasa (14/12/2021) pukul 11.20 Wita.

Dengan begitu, wilayah Sultra tidak masuk lagi dalam status peringatan dini awas, siaga atau waspada.

"Peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa mag:7.4 SR tanggal: 14-Des-21 10:20:23 WIB, dinyatakan telah berakhir::BMKG," kata Kepala BMKG Kendari, Rusdin saat dikonfirmasi via WhatsApp pukul 13.38 Wita.

Sebelumnya ada 4 wilayah di Sultra yang masuk dalam status peringatan dini tsunami yaitu Kabupaten Buton dengan status siaga, Kabupaten Bombana dengan status siaga, Wakatobi dengan status waspada dan Kendari Pulau Watulumango dengan status waspada.

Baca Juga: Tawuran Antar Pelajar di Kendari, Saling Serang Pakai Kayu dan Batu

Untuk diketahui, penjelasan mengenai status awas, siaga dan waspada sebagai berikut:

Awas: Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Awas" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh

Baca Juga: BNNP Sultra Ajak ASN Dinas Ketahanan Pangan Perangi Narkoba

Siaga: Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Siaga" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi

Waspada: Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga