Peringati Hari Pangan Sedunia, Bupati Kolaka Timur: Pemenuhan Kebutuhan Pangan Masyarakat

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Peringati Hari Pangan Sedunia, Bupati Kolaka Timur: Pemenuhan Kebutuhan Pangan Masyarakat
Pemda Kolaka Timur gelar gerakan pangan murah dalam memperingati hari pangan sedunia ke-44. Foto: Ist.

" Pemda Kolaka Timur gelar gerakan pangan murah nasional, dalam rangka hari pangan sedunia ke-44 tahun 2023, Senin (16/10/2023) di lapangan Kecamatan Loea "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemda Kolaka Timur gelar gerakan pangan murah nasional, dalam rangka hari pangan sedunia ke-44 tahun 2023, Senin (16/10/2023) di lapangan Kecamatan Loea.

Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, pemenuhan kebutuhan pangan kepada masyarakat, akan maksimal apabila seluruh pihak terkait, bahu-membahu dan saling kerjasama.

“Kalau kita semua dari bupati hingga desa dan lurah bisa berkolaborasi dengan baik, maka kita bisa memenuhi kebutuhan pangan di Kolaka Timur ini," jelasnya.

Azis menambahkan, hingga saat ini elnino sangat berdampak di daerah hingga Kolaka Timur, termasuk kekeringan sawah, tapi tidak separah daerah lainnya, sehingga stabilitas pasokan masih terus terjaga, yang disupport dengan kegiatan gerakan pangan murah.

Baca Juga: Berada di Dataran Tinggi Desa Tongauna Kolaka Timur Segera Miliki Area Persawahan

“Yang tidak kalah penting juga, selain harga bahan pangan yang melonjak, yang perlu kita waspadai dari dampak elnino ini lainnya, yakni krisis air itu yang kita fokuskan juga,” sebutnya.

Abdul Azis membeberkan terjadinya inflasi selain karena naiknya harga bahan pokok, juga dipicu kurang produktuvitas petani sawah akibat elnino yang berkepanjangan.

Ia mengungkap pemda telah menyiapkan langkah-langkah dalam menghadapi kekeringan, salah satunya penyiapan sumur bor kepada petani sawah yang dilanda kekeringan.

"Sehingga produksi petani bisa bertambah dengan langkah yang kami siapkan, dan akan menekan angka inflasi kalau sudah normal," jelasnya

Lanjut Azis, pihaknya juga telah mendata ada beberapa titik yang terjadi kekeringan seperti Kecamatan Aere tidak memiliki mata air, namun pihak pemda sudah menyiapkan alkon agar air dari sungai bisa mengairi persawahan warga.

Ditambahkanya, terkait penurunan inflasi di Kolaka Timur, Azis menyebutkan beradasarkan data yang ada dinas terkait telah mencapai 0,3 persen penurunanya.

"Karena sebenarnya daerah kita, sangat luar biasa lumbung pangannya, tinggal bagaimana kita mengoptimalkannya," bebernya.

Ia menambahkan selain program gerakan pangan murah, Pemda Kolaka Timur juga membuka pelayanan kartu kependudukan dan pemeriksaan kesehatan.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Timur, Idarwati menyampaikan, jika program nasional ini sebagai salah satu upaya untuk menekan laju inflasi dan menjaga kestabilan harga bahan pokok.

Kegiatan Gerakan Pangan ini, lanjut Idarwati sangat menyedot perhatian masyarakat yang antusias membeli berbagai kebutuhan pokok yang disediakan.

Baca Juga: Seorang Warga di Kolaka Timur Diterkam Buaya saat Jaring Ikan, Begini Kronologinya

Beberapa orang ibu rumah tangga yang ditemui saat berbelanja pasar murah di lapangan sepak Bola Loea mengungkapkan, kemudahan ketika membeli di pasar murah yang disiapkan pemerintah sekalipun harga di pasar murah dengan di pasar umum tidak terlau jauh perbedan harga.

Menurut warga, harga minyak per botolnya kalau di pasar murah hanya Rp 16 ribu, sementara kalau umumnya di luar mencapai Rp 18 ribu hingga Rp 19 ribu per botol.

"Untuk harga bawang di pasar murah harganya Rp 18 ribu per kilo, kalau di pasaran mencapai Rp 20-25 ribu per kilo," ungkap Anti salah satu warga.

Turut hadir, Sekda Kolaka Timur Andi Muh Iqbal Tongasa, Ketua TP PKK Kolaka Timur Hartini Azis, Kepala Perum Bulog Kolaka Kolaka Timur, Kepala BPS Kolaka Timur, pimpinan OPD Camat dan kepala desa lurah se-Kecamatan Loea. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga