Berada di Dataran Tinggi Desa Tongauna Kolaka Timur Segera Miliki Area Persawahan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 15 Oktober 2023
0 dilihat
Berada di Dataran Tinggi Desa Tongauna Kolaka Timur Segera Miliki Area Persawahan
Peninjauan lokasi area percetakan sawah yang berada di Desa Tongauna, Kecamatan Ueesi, Kolaka Timur. Foto: Ist.

" Meski menjadi wilayah paling jauh dan dataran tinggi bersama Desa Puurau, Desa Tongauna Kecamatan Ueesi bakal segera miliki area persawahan "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Meski menjadi wilayah paling jauh dan dataran tinggi bersama Desa Puurau, Desa Tongauna Kecamatan Ueesi bakal segera miliki area persawahan.

Desa Tongauna yang beberapa tahun terkahir menjadi tujuan program transmigrasi, saat ini sedang dilakukan percetakan area persawahan.

Berdasarkan data tim percetakan sawah tersebut, luas lahan mencapai 100x75 meter per kapling. Saat ini sedang dikerjakan 80 kapling yang terbagi di tiga tempat dalam desa tersebut.

Baca Juga: Seorang Warga di Kolaka Timur Diterkam Buaya saat Jaring Ikan, Begini Kronologinya

Baca Juga: Ikut Tanam Mangrove di Bulan Pengurangan Risiko Bencana, Ini Pesan Sekda Kolaka Timur

"Luar biasa potensi sawah kita di sini. Secara keseluruhan, terdapat 3.065 hektare potensi sawah di Desa Tongauna dan Desa Puurau yang ada di sebelahnya. Artinya, kalau ini terealisasi keseluruhannya, maka luar biasa padi yang kita hasilkan, yang juga berarti bakal meningkatkan taraf hidup masyarakat kita di sini," ucap Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis saat meninjau pencetakan sawah di Desa Tongauna.

Dengan proses pencatakan sawah yang sedang berlangsung saat ini, Azis menyebut sekitar akhir November tahun ini, sawah tersebut sudah bisa berfungsi dan digarap para pemilik lahan.

Sedangkan Kepala Dinas Nakertrans Kolaka Timur Bio Mansur menyebut, jika program percetakan sawah ini sudah direncanakan sejak 2021 lalu.

"Tetapi baru terealisasi di 2023 ini," ucapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Baca Juga