Pesona Air Terjun Lamesou, Surga Tersembunyi di Konawe Utara

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Jumat, 30 Juni 2023
0 dilihat
Pesona Air Terjun Lamesou, Surga Tersembunyi di Konawe Utara
Air terjun Lamesou yang terletak di Desa Lametoni Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Sulawesi Tenggara menyimpan banyak keindahan alam, mulai dari bukit, gua, pantai, danau hingga air terjun. Salah satu air terjun yang masih terawat adalah air terjun Lamesou yang terletak di Desa Lametoni kecamatanasolo Kabupaten Konawe Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter dengan diameter pancuran yang cukup besar "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara menyimpan banyak keindahan alam, mulai dari bukit, gua, pantai, danau hingga air terjun. Salah satu air terjun yang masih terawat adalah air terjun Lamesou yang terletak di Desa Lametoni kecamatanasolo Kabupaten Konawe Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter dengan diameter pancuran yang cukup besar.

Dari Kota Kendari, air terjun ini dapat ditempuh sejauh kurang kebih 88 Km melalui jalan poros Kendari-Bungku. Sedangkan jalur lain yang bisa ditempuh yakni melalui kendari menuju pincara Batugong sejauh 23 Km, dilanjutkan menuju ke pincara ke dua dengan jarak 8 Km, dari pincara ini Anda melanjutkan perjalanan sejauh 46 Km ke desa Lametono. Total perjalanan dari jalur ke dua ini sejauh 77 Km.

Air terjun Lamesou menawarkan keindahan air terjun yang indah dengan dikelilingi hutan lindung yang cukup luas, selain itu wisatawan juga dapat menikmati tracking atau berjalan kaki menyusuri anak sungai yang berjumlah kurang lebih 12 anak sungai yang memiliki arus cukup deras. Lokasinya yang berada di tengah hutan membuat air terjun ini masih sangat terjaga keasriannya.

Baca Juga: Keindahan Gua Koo dengan Air Sebening Kaca di Buton Tengah

Karena lokasinya yang cukup jauh dan harus ditempuh dengan berjalan kaki masuk ke dalam hutan, wisatawan disarankan untuk menggunakan jasa pemandu agar tidak tersesat di perjalanan. Wisatawan akan diajak berjalan melewati dan melawan arus aliran sungai.

Rute perjalanan setelah parkir kendaraan akan dimulai berjalan melewati kebun dan mengikuti aliran sungai. Sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati kolam-kolam yang terbentuk secara alami di aliran sungai.

Salah satu pengunjung, Dani Wijaya mengatakan, untuk sampai ke air terjun ini harus benar-benar dengan fisik dan mental yang siap, karena perjalanannya yang cukup jauh dan harus melewati aliran sungai yang cukup deras dan dalam.

"Apalagi jika turun hujan, arus sungai akan meluap bertambah deras dan dalam sehingga kita butuh kekuatan lebib ekstra untuk sampai ke air terjun ini," ujar Dani pada Jumat (30/6/2023).

Baca Juga: Pesona Danau Moko dengan Air Payau yang Sejuk di Kabupaten Muna

Walaupun jaraknya yang cukup jauh dan harus melewati berbagai rintangan, semua itu akan terbayar kerika sampai ke air terjun dengan kesejukan airnya dan hembusan angin. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan air terjun ini sembari minum secangkir kopi atau teh hangat untuk menenangkan tubuh.

Pengunjung lainnya, Susi Wati mengatakan, dirinya tidak menyesal ketika harus jauh-jauh dari Kota Kendari ke air terjun Lamesou, karena air terjunnya yang sangat indah dan menjadi spot foto yang instagramable.

"Walaupun harus melewati hutan dan arus sungai, tetapi ini sangat menyenagkan untuk saya yang suka tantangan, lagi pula sepanjang arus sungai kita bisa singgah untuk berswafoto mengabadikan momen dengan indahnya pepohonan rindang," ujarnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga