Pj Bupati Kolaka Utara dan Buton Kabarnya Dilantik Hari Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 01 September 2023
0 dilihat
Pj Bupati Kolaka Utara dan Buton Kabarnya Dilantik Hari Ini
Santer terdengar jika pelantikan Pj Bupati Buton, La Ode Mustari dan Pj Kolaka Utara Sukanto Toding, bakal dilantik Jumat (1/9/2023) sore ini. Foto: Kolase

" Pelantikan Pj Bupati Buton, La Ode Mustari dan Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, dikabarkan bakal dilakukan hari ini, Jumat (1/9/2023) sore "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelantikan Pj Bupati Buton, La Ode Mustari dan Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, dikabarkan bakal dilakukan hari ini, Jumat (1/9/2023) sore.

Saat Telisik.id berusaha mencari kebenaran kabar itu melalui Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, dia mengatakan, SK pelantikan Pj Bupati Buton dan Kolaka Utara sudah ada, namun dia belum mengetahui nama yang bakal dilantik.

"Pelantikan Pj sudah disampaikan Ketua DPRD, sudah ada SK tinggal tunggu pelantikan," bebernya.

Saat awak media menanyakan kapan kepastian pelantikan tersebut, ia belum memberikan keterangan lebih lanjut.

"Belum ada kepastian ya," ujarnya sembari berlalu.

Baca Juga: Pelantikan Pj Bupati Buton dan Kolaka Utara Menunggu Hari Baik Pekan Ini

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi, menyebut, pelantikan itu sudah pasti kalau undangan sudah beredar.

"Sekarang ada ndak undangan yang beredar? Kalau belum ada, berarti belum pelantikan. Kita hanya menunggu arahan ketika sudah diarahkan untuk buat undangan, Itu semua pimpinan yang tahu kita tidak bisa pastikan," tambahnya.

Pelantikan Pj bupati tak serta merta dipilih, ia mengatakan, ada pertimbangan dari pemerintah pusat terkait hal itu dimana nama-nama usai digodok, kembali diseleksi oleh tim penilai akhir yang memberikan penilaian terhadap kandidat calon penjabat.

Baca Juga: Pelantikan Pj Bupati Kolaka Utara dan Buton Masih Tunggu Jadwal, Pj Bupati Bombana Aman

"Semua kandidat yang akan jadi Pj itu dinilai oleh tim dari kementerian lembaga di pusat seperti KPK, BIN, dan KASN, Menkopolhukam, Kemendagri, sekretaris negara dan hasil penilaian mereka akan dilapor ke presiden," tuturnya.

KPK akan menilai track record masing-masing calon yang diusulkan, terkait riwayat cacat hukum terkait keuangan. BIN akan melihat apakah calon tersebut pernah terlibat dalam organisasi terlarang. Dan KASN melihat apakah calon Pj pernah terlibat pelanggaran sistem merit kepegawaian dan sebagainya.

Sebelumnya, La Ode Mustari sempat berkomentar jika pelantikan Pj bakal dilakukan pada Jumat (1/9/2023) hari ini. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga