Pj Bupati Kolaka Utara Harap Hari Otoda Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 30 April 2023
0 dilihat
Pj Bupati Kolaka Utara Harap Hari Otoda Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi bersama kepala daerah lainnya menandatangani pakta integritas saat menghadiri peringatan hari Otoda di Makassar. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Pemerintah Pusat, Melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI memperingati hari otonomi daerah (Otoda) tahun 2023 yang dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023) kemarin "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Pusat, Melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI memperingati hari otonomi daerah (Otoda) tahun 2023 yang dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023) kemarin.

Kegiatan itu, dihadiri ratusan kepala daerah se-Indonesia baik gubernur, wali kota, maupun bupati. Tidak terkecuali Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi.

Peringatan hari Otoda itu dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian.

Baca Juga: Seorang Kakek di Kolaka Utara Hilang Terseret Arus Sungai

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan masih banyaknya daerah yang lemah pada sisi kemandirian fiskal daerah. Filosofi tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan.

Pj Bupati Kolaka, Parinringi bersama Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi saat menghadiri peringatan hari Otoda di Makassar. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

Masih banyak daerah dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di bawah 20 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sehingga masih menggantungkan keuangan dari pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

“Daerah dengan PAD rendah agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali potensi PAD, sehingga daerah mampu membiayai daerahnya sendiri tanpa harus bergantung kepada Pemerintah Pusat," kata dia.

Terpisah, Pj Bupati Kolaka Utara Parinringi menuturkan, pentingnya peran pemerintahan daerah (Pemda) dalam memajukan kesejahteraan masyarakat.

“Peringatan hari otonomi daerah ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, mempercepat pembangunan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," imbuhnya.

Momen itu juga lanjutnya, diisi dengan persentase keberhasilan program-program otonomi daerah dari beberapa provinsi di Indonesia.

Asisten II Setda Kolaka Utara, Andi Syamsuddin membacakan sambutan Mendagri pada acara peringatan hari Otoda di Lapangan Aspirasi Lasusua Kolaka Utara. Foto: Ist.

 

"Para pemimpin daerah berbagi pengalaman dan ide-ide untuk memperkuat sistem otonomi daerah guna mempercepat kemajuan pembangunan di daerah masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara memperingati hari Otoda di Lapangan Aspirasi Lasusua yang pimpin Asisten II Setda Kolaka Utara, Andi Syamsuddin diikuti Forkopimda dan kepala OPD lingkup Pemkab Kolaka Utara.

Acara juga dirangkaikan dengan penandatanganan pakta integritas bagi ASN pengangkatan 2022 yang disaksikan Asisten II, Ketua DPRD dan Forkopimda.

Secara substantif pidato Mendagri Tito Karnavian yang disampaikan Asisten II menekankan pentingnya otonomi daerah dalam memperkuat kemandirian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Salurkan Hak Pilih Pilkades Serentak Kolaka Utara

Kebijakan pemerintah dalam menjamin ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan, mendukung kelancaran distribusi dan stabilitas ekonomi di daerah, serta pentingnya pemantauan laju inflasi di daerah.

Selain itu, Pemerintah Pusat juga menargetkan penurunan angka stunting 17 persen secara nasional pada tahun 2023.

"Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara menyambut baik kebijakan pemerintah dalam mendesentralisasikan sebagian kewenangan kepada daerah untuk memajukan pemerataan dan percepatan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia," pungkasnya. (A-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga