Ribuan Masyarakat Salurkan Hak Pilih Pilkades Serentak Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 30 April 2023
0 dilihat
Ribuan Masyarakat Salurkan Hak Pilih Pilkades Serentak Kolaka Utara
Proses pemungutan suara di Desa Lambuno, Kecamatan Katoi. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Ribuan masyarakat Kolaka Utara menyalurkan hak pilihnya pada pilkades serentak yang digelar di 67 desa dari 127 desa di Kolaka Utara, Minggu (30/4/2023) hari ini "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ribuan masyarakat di Kabupaten Kolaka Utara menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang digelar di 67 desa dari 127 desa di Kolaka Utara, Minggu (30/4/2023) hari ini.

Pantauan Telisik.id di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Desa Lambuno, Kecamatan Katoi, sejak pukul 08.30 Wita, ratusan masyarakat dari lima dusun tumpah ruah mengantre menunggu panggilan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menyalurkan hak pilihnya.

Ketua Panwas Pilkades Lambuno, Muliyati menuturkan, proses pemungutan suara dimulai pukul 09.00 Wita dan berakhir pukul 13.00 Wita.

"Kalau pukul 12.00 Wita pemilih sudah tidak ada, maka dilakukan kotak berjalan mengunjungi pemilih yang tidak sempat ke TPS karena sakit," terangnya.

Setelah itu, lanjutnya, pukul 14.00 Wita baru dimulai penghitungan suara untuk mengetahui pemenang pilkades.

Baca Juga: KPU Resmi Luncurkan Hari Pemungutan Suara di 14 Februari 2024

Hal serupa juga terjadi di Desa Delang-Delang, Kecamatan Kodeoha, yang juga turut menggelar pilkades hari ini. Ratusan warga juga telah mengantre menunggu panggilan untuk menyalurkan hak pilih.

Ketua Panitia Pilkades, Andi Sarina yang ditemui di TPS mengatakan, pungutan suara dimulai sejak pukul 08.30 Wita, juga berakhir pukul 13.00 Wita.

"Perhitungan suara dimulai pukul 14.00 Wita, namun sebelumnya penyelenggara akan mengunjungi pemilih yang sakit untuk menyalurkan hak pilihnya," urainya.

Sementara itu, Camat Katoi, Rusdin yang turut mengawasi jalannya pemungutan suara di Desa Lambuno berharap pilkades tiga desa di wilayahnya berjalan lancar, aman, dan tertib.

Baca Juga: Pj Bupati Ingatkan ASN Netral Jelang Pemungutan Suara Pilkades Serentak Kolaka Utara

"Harapan kita semua berjalan kondusif. Soal siapa yang terpilih tidak soal terpenting berjalan lancar dan kondusif," harapnya.

Kata dia, sesuai juknis dari kabupaten setelah pencoblosan, dilakukan penghitungan suara. Setelah itu penetapan kades terpilih kemudian kotak suara diantar ke kecamatan dan selanjutnya diteruskan ke kabupaten.

"Untuk Kecamatan Katoi ada tiga desa yang menggelar pilkades hari ini yakni Desa Lambuno, Katoi, dan Ujung Tobaku Tombaku. Kita usahakan sebentar kotak suara diteruskan di kabupaten," pungkasnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga