Pj Bupati Kolaka Utara Serahkan 2 Unit Alat Pertanian Pasca Panen

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 20 Desember 2022
0 dilihat
Pj Bupati Kolaka Utara Serahkan 2 Unit Alat Pertanian Pasca Panen
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi, S.E., M.Si. bersama anggota DPRD, kepala OPD meninjau langsung lokasi persawahan di Desa Pasampang, Kecamatan Pakue Utara sekaligus menggelar pesta panen padi sawah. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Petani padi sawah di Desa Pasampang, Kecamatan Pakue Tengah, menerima bantuan 2 unit alat pasca panen dari Pj Bupati Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Petani padi sawah di Desa Pasampang, Kecamatan Pakue Tengah, menerima bantuan 2 unit alat pasca panen (combine) dari Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, S.E., M.Si.

Bantuan tersebut diharapkan memberikan kemudahan bagi para petani padi sawah tidak hanya di Desa Pasampang tapi juga para petani lainnya yang berdomisili di Kecamatan Pakue Tengah.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi mengungkapkan, klaster pendapatan masyarakat di setiap kecamatan di Kabupaten Kolaka Utara berbeda-beda. Ada klaster yang mayoritas pertanian/perkebunan dan juga klaster pesisir yang dominan sektor perikanan.

"Inilah nanti yang akan menjadi diskusi Pemkab Kolaka Utara bersama legislatif dalam memberikan bantuan, sehingga semua keinginan masyarakat di 15 kecamatan dapat terpenuhi berdasarkan kebutuhannya dan klasternya," terangnya.  

Penyerahan alat pasca panen oleh Pj Bupati Kolaka Utara ke salah satu ketua kelompok tani di Desa Pasampang. Foto: Muh Risal H/Telisik

 

Parinringi berharap bantuan alat pertanian yang telah diberikan pemerintah daerah untuk petani dapat terdistribusi secara merata di setiap desa yang ada di Kecamatan Pakue Tengah.

Baca Juga: Even Tilawah dan Tahfidz, Kali Pertama Nuansa Islam di HUT Bombana

"Kita berharap dengan berbagai bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah dapat meningkatkan peroduktifitas hasil pertanian masyarakat," harapnya.

Selain itu, untuk meningkatkan hasil produksi para petani, Kadis DPM PTSP Sulawesi Tenggara ini meminta Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura bersinergi dan berkolaborasi dengan semua stakeholder yang ada di Kolaka Utara utamanya para penyuluh pertanian dalam rangka meningkatkan kapasitas petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Muchsin, S.E., M.Si. menuturkan, secara keseluruhan luas lahan persawahan di Kabupaten Kolaka Utara mencapai 1.600 hektare. Khusus di Kecamatan Pakue Tengah, luas lahan persawahan sekitar 308 hektare.

Dari luas kawasan itu, Desa Lanipa berada di urutan pertama dengan luas 127 hektare, Desa Majapahit 42 hektare, Desa Labipi 40 hektare, Desa Latali 33 hektare, Desa Pasampang 30 hektare, Desa Sululotong 20 hektare, dan Desa Tolemo 5 hektare.

"Berdasarkan sampel hasil ubingan BPS Kolaka Utara di area persawahan Desa Rante Limbong, produksi padi kita mencapai 6 ton gabah per hektare. Sementara dalam bentuk beras (hasil gilingan) mencapai 4 ton per hektare," terangnya.

Kata dia, di Kecamatan Pakue Tengah terdapat 39 kelompok tani dan paling banyak menerima bantuan alat pertanian. Antara lain hand traktor 2 roda, traktor roda 4, dan ekskavator satu unit, bantuan pra panen atau pabrik gabah ada 3 unit, corn sheller atau pemipil jagung 13 unit, power sheller 9 unit, power thresher 5 unit, alat pasca panen sedang 1 unit.

"Hari ini penjabat Bupati Kolaka Utara kembali menyerahkan bantuan alat pasca panen besar 2 unit. Bantuan ini merupakan aspirasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melalui Kementerian Pertanian," jelasnya.

Baca Juga: Kementerian Perhubungan Larang Truk Angkut Kayu Tonase 14 Ton Melintas di Jalur Ini

Muchsin berharap, ke depannya partai politik lainnya juga dapat bersinergi dengan instansinya dalam rangka menurunkan bantuan dari kementerian untuk para petani yang ada di Kolaka Utara.  

"Mudah-mudahan teman-teman dari partai lain ke depannya juga dapat bersinergi dengan kami untuk mencari bantuan serupa di kementerian agar petani kita lebih sejahtera," harapnya.

Diketahui, kegiatan penyerahan alat pertanian yang digelar Senin (19/12/2022) di Desa Pasampang, Kecamatan Pakue Tengah, dihadiri langsung Pj Bupati Kolaka Utara, anggota DPRD Kolaka Utara, Muh. Syair, S.Sos (Fraksi PKB), Adi Putra (Fraksi Gerindra), dan Arifuddin (Fraksi PDIP).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kadis Infokom, Kadis PUPR, Kadis Perdagangan, Kadis Ketahanan Pagang, Kasat Pol PP, Camat Pakue Tengah, dan para kepala desa. (B-Info).

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga