Pj Bupati Konawe Segera Gagas Pembangunan Tugu Padi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 15 Januari 2024
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Segera Gagas Pembangunan Tugu Padi
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, segera gagas tugu padi sebagai ikon baru Kota Unaaha. Foto: Ist

" Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba gagas rencana pembangunan "Tugu Padi" yang nantinya akan menjadi salah satu ikon Kota Unaaha sebagai lumbung padi di Sulawesi Tenggara "

KONAWE, TELISIK.ID - Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba gagas rencana pembangunan "Tugu Padi" yang nantinya akan menjadi salah satu ikon Kota Unaaha sebagai lumbung padi di Sulawesi Tenggara.

Rencana pembangunan Tugu Padi ini juga merupakan program dalam melakukan penataan kawasan Kota Unaaha agar memiliki ciri khas.

Untuk diketahui, Pj Bupati Harmin Ramba bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah meninjau lokasi pembangunan Tugu Padi yang terletak di pertigaan Tugu Tusawuta, Kelurahan Kasupute, Kecamatan Wawotobi, Senin (15/1/2024).

Dalam revitalisasi Kota Unaaha ada tiga yang bakal dibangun, yakni Tugu Padi, Gerbang Masuk Kota Unaaha dan Videotron.

Baca Juga: Pemda Konawe Bakal Tertibkan Bangunan yang Melanggar Sempadan Jalan

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengatakan, Tugu Padi sendiri merupakan bagian dari implementasi program City Branding Unaaha Kota Padi. Jadi pembangunan tugu merupakan representasi yang menunjukan Konawe sebagai lumbung beras Sulawesi Tenggara.

"Untuk model tugunya nanti akan kita sayembara kan," ujar Harmin.

Kemudian untuk gerbang, Harmin menerangkan, akan ada dua gerbang yang dibangun. Gerbang pada ruas jalan poros Unaaha - Kolaka dan gerbang menuju jalan 40/Kota Unaaha.

“Di gerbang masuk ini kita akan tata, kita buatkan pedestrian, sehingga ketika kawasan ini dimasuki orang-orang akan merasa memasuki sebuah kota,” jelasnya.

Lalu, tambah dia, untuk lebih mempercantik kawasan itu pihaknya berencana membangun videotron yang digadang-gadang bakal lebih besar dari yang ada di Kendari dan bakal memuat informasi-informasi terkait pembangunan dan pemerintahan.

Harmin juga telah bertemu dengan warga di area pembangunan program dan telah meminta dukungan warga agar mau merelakan sebagian lahannya dalam pembangunan.

Baca Juga: Eko Adrian, Caleg Muda Konawe Optimis Bawa Perubahan di Parlemen

"Nanti lahannya kita akan bebaskan. Kita tidak akan ganti rugi, tapi harus ganti untung, agar warga sekitar bisa menikmati pembangunan ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman memberikan dukungan terhadap program pemerintah Kabupaten Konawe atau City Branding Unaaha sebagai Kota Padi.

Ia mengatakan bahwa langkah ini akan memperkuat identitas Konawe sebagai pusat pertanian yang berkontribusi besar terhadap ketahanan pangan nasional.

"Mengangkat citra Unaaha sebagai Kota Padi bukan hanya sekadar strategi pemasaran, tetapi juga wujud komitmen pemerintah dalam memajukan sektor pertanian," kata Amran dalam kunjunganya, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (11/01/2024). (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga