Pj Sekda Punya Tiga Misi di Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 02 November 2021
0 dilihat
Pj Sekda Punya Tiga Misi di Muna
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Pj Sekda, Harmin Ramba. Foto: Sunaryo/Telisik

" ia tengah mengkonsultasikan dokumen perubahan anggaran itu di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) "

MUNA, TELISIK.ID - Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Sultra, Harmin Ramba merupakan Pejabat (Pj) sekda Muna keempat setelah Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sultra, Syahruddin Nurdin.

Oleh Gubernur, Ali Mazi, Harmin dipercaya untuk mengisi kekosongan jabatan 'Jenderal' Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bumi Sowite selama tiga bulan (bisa diperpanjang).

Harmin dilantikan sebagai Pj sekda oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba pada 13 September lalu. Pasca pelantikan itu, Harmin langsung bergerak cepat menjalankan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tatalaksana serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat daerah.

Menurut Harmin, selama menjabat sebagai Pj sekda ada tiga misi utama yang akan dituntaskan sebelum akhir tahun mendatang. Pertama, terkait Perubahan APBD 2021. Kendati proses pembahasannya terlambat, namun sudah ditetapkan di DPRD.

Kini, ia tengah mengkonsultasikan dokumen perubahan anggaran itu di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kemudian kedua, APBD 2022. Ia akan mempush agar proses pembahasan tidak telat lagi, sehingga dapat merubahan status daftar merah di Kementrian Keuangan (Kemenkeu).

"Kita usahakan akhir November ini, APBD 2022, sudah ketuk palu," janji Harmin, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga: Workshop Penyusunan Usulan APBN dan Dana CSR, Pemda Butur Hadirkan Pihak Kemendagri dan Kementerian PUPR

Baca Juga: Sungai Pawan Meluap, 13 Desa Terendam Banjir di Ketapang Kalbar

Lalu ketiga, memfasilitasi lelang jabatan sekda. Ia memastikan tahun ini, seleksi sekda sudah harus selesai.

"Tiga misi itu, insyaallah, saya akan tuntaskan tahun ini. Tugas saya bagamaina sistim pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan bisa berjalan dengan baik," terangnya.

Di sisi lain pula, Harmin all out terhadap peningkatan sumber-sumber pendapatan daerah. Ia menggenjotnya dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada.

"Saya sudah tekankan OPD untuk memaksimalkan sumber-sumber pendapatan. Masih ada waktu dua bulan, untuk mereka berbuat," tandasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga