Workshop Penyusunan Usulan APBN dan Dana CSR, Pemda Butur Hadirkan Pihak Kemendagri dan Kementerian PUPR

Aris, telisik indonesia
Selasa, 02 November 2021
0 dilihat
Workshop Penyusunan Usulan APBN dan Dana CSR, Pemda Butur Hadirkan Pihak Kemendagri dan Kementerian PUPR
Sekda Buton Utara, Muhammad Hardhy Muslim saat memberi sambutan di aula Bappeda. Foto: Protokol Setda Buton Utara

" seiring dengan keterbatasan pembiayaan, maka Pemda Butur membutuhkan alternatif sumber pendanaan yang potensial "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Pemda Buton Utara (Butur) selalu berupaya melakukan percepatan pencapaian sasaran pembangunan yang tertuang dalam RPJMD sesuai visi dan misi bupati dan wakil bupati Butur.

Namun, seiring dengan keterbatasan pembiayaan, maka Pemda Butur membutuhkan alternatif sumber pendanaan yang potensial, melalui APBN (DAK, Dana TP, Dana Konsentrasi, DID, Dana PPIP) dan Dana CSR.

Sejak Butur mekar dari Kabupaten Induk, yakni Kabupaten Muna, yang selalu menjadi kendala dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada selalu terkendala pada infrastruktur, baik infrastruktur jalan maupun informasi teknologi.

Dengan demikian, Pemda berharap kepada pemerintah Pusat, dalam hal ini dengan hadirnya Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Tenaga Ahli Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi langkah baru untuk mendapatkan petunjuk dan harapan baru dalam memperoleh dana pusat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Butur, Muhammad Hardhy Muslim saat membuka Workshop Penyusunan Usulan APBN dan Dana CSR  yang diselenggarakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) di aula Bappeda Butur, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga: Sungai Pawan Meluap, 13 Desa Terendam Banjir di Ketapang Kalbar

Baca Juga: Banjir di Lebak, Seorang Warga Dilaporkan Hanyut

Harapannya dengan terakomodirnya usulan APBN dan Dana CSR semoga yang menjadi misi bupati dan wakil bupati Buton Utara dalam rangka mencapai visinya untuk membangun Buton Utara yang maju, adil dan sejahtera 2021-2026 bisa tercapai.

Adapun narasumber dalam Workshop tersebut yaitu, dari Dirjen Bangda Kemendagri yang di wakili oleh Didi Untung Wijayadi, SH., dan Tenaga Ahli Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Tiar Pandapotan Purba, S.T., IAP.

Termasuk diikuti oleh Utuasn Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola DAK, Dana TP, Dana Konsentrasi, DID, Dana PPIP. (C-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga