Prabowo Ingin Berkah Kyai dan Ulama Jawa Timur Maju Pilpres 2024

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 26 Desember 2022
0 dilihat
Prabowo Ingin Berkah Kyai dan Ulama Jawa Timur Maju Pilpres 2024
Ketum Gerindra, Prabowo Subianto silaturahmi dengan kyai dan ulama kondang di Jawa Timur untuk minta restu maju Pilpres 2024. Foto: Ist.

" Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto melakukan silaturahmi dengan sejumlah ulama dan kyai kondang asal Jawa Timur di salah satu restoran di Kota Surabaya "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto melakukan silaturahmi dengan sejumlah ulama dan kyai kondang asal Jawa Timur di salah satu restoran di Kota Surabaya, Senin (26/12/2022).

Pertemuan Prabowo dengan belasan ulama-kyai tersebut berlangsung hampir 5 jam dan tertutup. Prabowo didampingi oleh Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani dan Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad.

Sejumlah ulama dan kyai kondang yang hadir antara lain Pengasuh Ponpes Al-Falah Ploso Kediri KH Nurul Huda Djazuli, Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri KH Anwar Manshur, Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Sidoarjo KH Ali Mashuri, Pengasuh Ponpes Sabilul Rosyad Malang KH Marzuki Mustamar, Pengasuh Ponpes Syaikhona Kholil Bangkalan Ra Karror Aschal.

Baca Juga: Ketua Hanura Sulawesi Tenggara Tak Pernah Teken Surat Pemecatan Kader

Kemudian Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan KH Fuad Nurhasan, Pengasuh Ponpes Langitan Tuban KH Ubaidilah Abdul Faqih, Keluarga Ponpes Sidogiri Pasuruan KH Cholil Nawawi Abdul Jalil, Perwakilan Ponpes Nurul Jadid Probolinggo KH Faiz Abdul Haq Zaini, Pengasuh Ponpes Sunan Bejagung Tuban KH Abdul Matin Jawahir, Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang KH Irfan Yusuf Hasyim.

Hadir juga H Abdurrohman Al-Kautsar (Gus Kautsar), H Fahmi Ruyani, H Adibussholeh Anwar dan KH Ali Makk.

Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, pertemuan antara Prabowo dengan belasan kyai membahas banyak hal.

"Alhamdulillah hari ini Pak Prabowo berkunjung ke Jawa Timur, bertemu para ulama, pemimpin ponpes, kyai-kyai sepuh. Beliau ingin mendengar langsung dari para tokoh, para pemimpin ponpes di Jawa Timur yang setiap hari bergulat, bergumam di tengah-tengah masyarakat tentang berbagai hal," kata Muzani.

Muzani mengungkapkan, pertemuan Prabowo dengan para ulama dan kyai di Jawa Timur sangat penting. Sebab, Prabowo yang juga sebagai Menteri Pertahanan perlu mendapat masukan dari para ulama.

Ketua Fraksi Gerindra DPR RI ini menyampaikan harapan dari Prabowo agar para kyai terus menggalang optimisme dan persatuan di tengah-tengah masyarakat. Muzani juga menyebut, pertemuan Prabowo dengan belasan kyai kondang asal Jawa Timur juga ada kaitannya dengan meminta restu.

"Pak Prabowo menjelaskan, proses demokrasi juga sekarang dalam proses berjalan. Karena itu seperti yang dimandatkan oleh partai, Prabowo mencoba terus ingin tetap memberi pengabdian yang baik untuk bangsa dan negara. Karena itu ia berharap bisa mendapatkan restu, mendapatkan pangestu dari para kyai dan ulama untuk 2024," ungkapnya.

Wakil Ketua MPR ini mengatakan, pertemuan Prabowo dengan para kyai juga bentuk silaturahmi untuk mendapat berkah. Dengan pertemuan ini, diharapkan semakin menguatkan Gerindra di Bumi Majapahit dan Jawa Timur menjadi basis Prabowo.

Muzani juga menceritakan, saat pertemuan dengan para kyai, Prabowo menegaskan komitmen Gerindra berkoalisi dengan PKB, termasuk urusan capres-cawapres yang akan dibahas dirinya dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

"Sekarang ini Gerindra sudah berkoalisi, bekerja sama dengan PKB. Karena itu, di dalam salah satu poin kerja sama calon presiden dan calon wakil presiden dari koalisi Gerindra dan PKB ditentukan oleh Pak Prabowo dan Pak Muhaimin. Sehingga siapa saja yang disepakati kedua tokoh itu, tidak masalah," jelas Muzani.

Baca Juga: NasDem Bantah Kader Tak Srek pada Kery Saiful Konggoasa

Sekedar diketahui, beberapa bulan lalu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengumumkan, ia akan maju menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Prabowo mengumumkan kesediaannya maju pada Pilpres 2024 di hadapan ribuan kader dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra 2022 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat saat itu.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia,” kata Prabowo di hadapan ribuan kader. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga