Profil Tasman, 3 Periode Wakil Rakyat di Tanah Buton, Modal Tarung di DPRD Provinsi

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 28 Oktober 2023
0 dilihat
Profil Tasman, 3 Periode Wakil Rakyat di Tanah Buton, Modal Tarung di DPRD Provinsi
Tasman siap maju di pencalonan DPRD Sulawesi Tenggara di Pemilu 2024 mendatang setelah tiga periode menjabat sebagai wakil rakyat di DPRD Buton dan DPRD Buton Tengah. Foto: Ist.

" Lama menjabat sebagai wakil rakyat di daerah, tahun depan Tasman menantang diri bersaing di kontestasi calon anggota DPRD Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID – Ketua Komisi 3 DPRD Buton Tengah, Tasman, siap menjangkau lebih luas pertarungan politiknya di Pemilu 2024. Lama menjabat sebagai wakil rakyat di daerah, tahun depan ia menantang diri bersaing di kontestasi calon anggota DPRD Sulawesi Tenggara.

Tasman bukan tokoh politik asing di tanah Buton, ia menjabat satu periode di DPRD Buton (2009-2014), dan anggota DPRD 2 periode Buton Tengah (2014-2014). Pengalaman tersebut dirasa cukup untuk meyakinkan masyarakat luas Sulawesi Tenggara menjadikannya pilihan sebagai penampung aspirasi.

Tasman sendiri tumbuh dari latar belakang pendidikan terakhir di Universitas Halu Oleo Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 1993. Semasa kuliah, ia aktif mengeksplor diri di organisasi eksternal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Dari situ ia khatam betul tentang sisi kerja sebuah organisasi, mengetahui cara memimpin, dan berinteraksi dengan berbagai kalangan masyarakat. Hingga di 2009 ia memilih PKS yang saat itu namanya masih Partai Keadilan, sebagai kendaraan politiknya.

Tasman mengadu nasib pada Pemilu 2009 dan lolos dalam sekali percobaan. Tiga periode duduk sebagai wakil rakyat, banyak aspirasi masyarakat yang ia eksekusi dalam kapasitasnya sebagai penganggar program kebijakan daerah.

Baca Juga: Profil Muhammad Iqbal Yustika, Totalitas Berantas HIV Jalur Parlemen

Mengingat masyarakat Buton dan Buton Tengah adalah masyarakat pesisir, program kesejahteraan nelayan juga banyak digaungkan olehnya. Di antaranya seperti bantuan bibit agar-agar, tali agar-agar, dan pengembangannya.

Ia juga banyak membentuk kelompok-kelompok nelayan, pengadaan jaring, bantuan bagi nelayan lobster, bantuan pengadaan bagan untuk kelompok nelayan, bantuan pengadaan keramba ikan yang bernilai ekonomis, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Profil Lengkap dan Harta Kekayaan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba

Selain itu dalam hal kepemudaan, pihaknya banyak mendorong aktivitas positif di kalangan anak muda, seperti melakukan penimbunan tanah untuk dibuat lapangan olahraga.

Pemilu 2024, meski dengan jangkauan yang lebih luas, Tasman masih komitmen untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat pesisir di Kepulauan Buton. Ia mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Sulawesi Tenggara dapil IV (Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Kota Baubau, Wakatobi).

Dilansir dari Infopemilu.kpu.go.id, tahap pencalonan DPRD tingkat provinsi bakal memasuki tahap pencermatan daftar calon sementara 4 November 2023 mendatang. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga