Profil Muhammad Iqbal Yustika, Totalitas Berantas HIV Jalur Parlemen

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 02 Oktober 2023
0 dilihat
Profil Muhammad Iqbal Yustika, Totalitas Berantas HIV Jalur Parlemen
Muhammad Iqbal Yustika, bakal maju calon anggota DPRD Kota Kendari di Pemilu 2024 mendatang dari partai Perindo. Foto: Kolase

" Kasus HIV AIDS di Kota Kendari kini kian mengkhawatirkan. Dalam laporan Dinas Kesehatan Kota Kendari awal tahun ini saja tercatat ada 272 orang yang terinfeksi HIV selama 2022. Di tengah keadaan yang genting, salah seorang sosok berusaha hadir perjuangkan penanggulangan virus satu ini di kursi parlemen "

KENDARI, TELISIK.ID - Kasus HIV AIDS di Kota Kendari kini kian mengkhawatirkan. Dalam laporan Dinas Kesehatan Kota Kendari awal tahun ini saja tercatat ada 272 orang yang terinfeksi HIV selama 2022. Di tengah keadaan yang genting, salah seorang sosok berusaha hadir perjuangkan penanggulangan virus satu ini di kursi parlemen.

Muhammad Iqbal Yustika, ialah sosok tersebut, ia siap maju sebagai calon anggota DPRD Kota Kendari dapil 5 (Kecamatan Kadia-Wuawua) di Pemilu 2024 mendatang. Pria yang akrab disapa Iqbal ini memang punya latar belakang yang melekat dengan dunia kesehatan.

Ia menempuh pendidikan tinggi S1 keperawatan dan S2 Kesehatan Reproduksi di Universitas Mandala Waluya, Kendari. Di samping itu, dirinya merupakan koordinator lapangan penanggulangan HIV di Kota Kendari di Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

Baca Juga: Profil Lengkap dan Harta Kekayaan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba

Pekerjaannya sehari-hari tak jauh dalam menanggulangi dan menangani para penderita HIV AIDS di Kendari. Ia tahu betul titik dan daerah mana saja di Kota Kendari yang banyak tercemar HIV AIDS.

Sebagai orang lapangan, ia menyadari Kota Kendari sudah mencapai titik terparahnya dalam penyebaran virus yang banyak ditularkan melalui hubungan seks tersebut. Pria kelahiran 28 Agustus 1989 ini menyebut, hingga data terakhir tahun ini sudah ada 140 kasus lebih HIV AIDS di Kendari.

Tingginya kasus HIV AIDS mencerminkan semakin terkikisnya moral para pemuda di kota bertakwa ini. HIV AIDS sendiri banyak diketahui menyebar lewat hubungan seks bebas hingga seks sesama jenis.

Ia banyak menyuarakan agar pemerintah turun tangan dalam menangani HIV AIDS dan kebobrokan nilai dan moral pemuda. Akan tetapi, tampaknya suara tersebut tak diindahkan dengan maksimal dan menjadi perhatian khusus pemerintah.

Baca Juga: Profil Bustam, Anggota DPRD Sulawesi Tenggara Tokoh di Balik Lahirnya Kabupaten Bombana

Dari situ Iqbal bertekad masuk menjadi salah satu calon wakil rakyat lewat Perindo sebagai kendaraan politiknya. Meski belum lama terjun di dunia politik, Iqbal sudah piawai memasuki dunia organisasi sejak masa kuliahnya.

Bertarung di Pemilu 2024, ia bisa mengawinkan pengalaman organisasinya dengan bidang kesehatan yang lama ia tekuni untuk kepentingan masyarakat.

Sementara itu, dilansir dari Infopemilu.kpu.go.id, tahapan pencalonan anggota DPRD kota/kabupaten bakal memasuki penyusunan dan penetapan daftar calon tetap (DCT) 4-11 Oktober mendatang. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga